Peran Raden Husen ( Kinsan ) di Majapahit pada Abad Ke XV-XVIM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufarikha, Ainun (2021) Peran Raden Husen ( Kinsan ) di Majapahit pada Abad Ke XV-XVIM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainun Mufarikha_A02217005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu politik dan historis yang digunakan untuk berfokus pada Raden Husen yang diutus oleh Majapahit sebagai Adipat Terung, Memerankan peran potilik sebagai pemimpin di wilayah Terung. Selain itu ia juga merupakan panglima perang yang memiliki hak politik atas pasukannya. Pada pendekatan historis menjelaskan proses peristiwa sejarah dari Kerajaan Majapahit di abad 15 serta menjelaskan tentang riwayat hidup Raden Husen. Dianalisis dengan Teori Peranan menurut Soerjono Soekanto yang dapat membantu untuk meneliti tokoh Raden Husen dalam kontribusinya bagi kerajaan Majapahit pada abad ke 15-16. Sedangkan metode yang digunakan oleh peneliti yakni metode penelitian sejarah dengan tahapan-tahapan yang harus ditempuh yaitu: Heuristik, Verifikasi, Interpretasi dan Historiografi. Dari proses analisis didapatkan kesimpulan bahwa, 1) pada abad ke XV, kondisi dan situasi Majapahit sedang mengalami emunduran hingga mengalami kehancuran, 2) Raden Husen putra dari Arya Damar dengan Retno Subanci (putri cina), sebelumnya ia besar di Palembang dan saat muda pergi berguru di Sunan Ampel kemudian melanjutkan niatnya mengabdi di Majapahit, 3) sebelum raden Husen diberi jabatan ia mempunyai keahlian membuat petasan untuk alat perang semacam bom. kemudian ia diangkat oleh Prabu Brawijaya V menjadi Adipati Terung serta panglima perang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufarikha, Ainunainunmufarikha@gmail.comA02217005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Sejarah > Sejarah Indonesia
Keywords: Peran, Raden Husen; Kerajaan majapahit.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mufarikha Ainun
Date Deposited: 15 Aug 2021 03:55
Last Modified: 15 Aug 2021 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49509

Actions (login required)

View Item View Item