Pengaruh kontribusi fasilitas dan peran orang tua terhadap hasil belajar matematika di masa pandemi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badi'ah, Siti (2021) Pengaruh kontribusi fasilitas dan peran orang tua terhadap hasil belajar matematika di masa pandemi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Badi'ah _D74217069.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penutupan sementara proses tatap muka lembaga pendidikan sebagai upaya menahan penyebaran pandemi covid-19, telah berdampak pada jutaan siswa, tidak terkecuali Indonesia. Pandemi memaksa masyarakat untuk memahami makna kehidupan, tujuan pembelajaran, dan hakikat kehidupan. Salah satu tujuan pembelajaran adalah hasil belajar. Hasil belajar siswa adalah pemahaman siswa terhadap pelajaran yang telah diajarkan oleh guru. Pada materi matematika, hasil belajar siswa dapat diukur dari nilai yang diperoleh siswa setelah mengerjakan soal matematika dari guru. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Diantaranya fasilitas belajar dan peran orang tua. Faktor tersebut dibutuhkan siswa pada saat melakukan pembelajaran normal maupun masa pandemi sekarang. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kontribusi fasilitas dan peran orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa di masa pandemi serta berapa besar pengaruh fasilitas belajar dan peran orang tua terhadap hasil belajar matematika di masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah ini menggunakan penelitian deskriptif asosiatif dengan teknik analisa data kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. N 1 Tuban. pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling, yaitu 20% dari setiap kelas dengan jumlah total 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini antara lain metode observasi/pengamatan, metode angket/kuesioner, dan metode dokumenter. Metode observasi/pengamatan observasi menggunakan hasil wawancara untuk mengetahui kegiatan belajar mengajar berlangsung. metode angket/kuesioner menggunakan angket online dilakukan untuk mendeskripsikan fasilitas dan peran orang tua berdasarkan indikator yang sudah ditentukan. Sedangkan metode dokumenter dilakukan untuk mengetahui data-data siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dimasa pandemi dengan nilai R2 dan nilai p-value berturut-turut adalah 0,45 dan 0.63, yang berarti ada pengaruh 45% dan signifikan antara fasilitas belajar dan hasil belajar. Sedangkan peran orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa dimasa pandemi dengan nilai R2dan p-value berturut-turut 0,33 dan 0.51, yang berarti ada pengaruh sebesar 33% dan signifikan antara peran orang tua dan hasil belajar. Besar pengaruh fasilitas dan peran orang tua terhadap hasil belajar matematika dimasa pandemi didapatkan R2 dan p-value berturut-turut 0,77 dan 0,47 yang berarti ada pengaruh fasilitas dan peran orang tua terhadap hasil belajar matematika dimasa pandemi sebesar 77% dan signifikan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badi'ah, Sitisitibadiah266@gmail.comD74217069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Fasilitas belajar; Peran orang tua; Hasil belajar; Pandemi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SITI BADI'AH
Date Deposited: 15 Aug 2021 05:17
Last Modified: 15 Aug 2021 05:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49519

Actions (login required)

View Item View Item