Sinonimitas dalam Al-Qur’ana: aplikasi pendekatan Susastra Bintu Syathi’ terhadap Lafadz Ajal dan Maut

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurmaulida, Regita Okti (2021) Sinonimitas dalam Al-Qur’ana: aplikasi pendekatan Susastra Bintu Syathi’ terhadap Lafadz Ajal dan Maut. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Regita Okti Nurmaulida_E93217131.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Arab memliki banyak kata yang mushtarak sehingga menjadikan bahasa Arab penuh dengan berbagai makna dan penafsiran. Sinonim Alquran merupakan bagian penting dalam metode penafsiran disetiap kajian Alquran. Pandangan ahli tafsir terbagi menjadi dua, yang menerima adanya sinonim dalam Alquran dan menolak adanya sinonim dalam Alquran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan makna kata ajal dan maut dalam Alquran dan menjelaskan sinonimitas lafal ajal dan maut dalam Alquran. Penelitian ini menggunakan metode analisis-komparatif dengan pendekatan linguistik, dengan Analisis Paradigmatik. metode tersebut digunakan untuk mendapatkan perbedaan makna lafal ajal dan maut dalam Alquran. Hasil penelitian menunjukkan adanya sinonim dalam Alquran masih menjadi perdebatan dikalangan ulama, sedangkan penggunaan kata ajal tidak selalu tentang kematian, karena makna sesungguhnya yaitu batas waktu dan maut bermakna kematian. Singkatnya, ajal adalah batas kematian seseorang, sedangkan maut adalah kematian itu sendiri. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lafal ajal dan maut tidak termasuk pada dua kata yang bersinonim atau mutaradif, karena meskipun keduanya biasa digunakan dalam istilah kematian, namun keduanya tetap memiliki perbedaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurmaulida, Regita Oktiregitazhara@gmail.comE93217131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umar--20050762001
Subjects: Kesusastraan > Arab
Al Qur'an
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Sinonim Alquran; Ajal; Maut.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Regita Okti Nurmaulida
Date Deposited: 15 Aug 2021 05:00
Last Modified: 15 Aug 2021 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49521

Actions (login required)

View Item View Item