Sinergitas Pemerintah Korea Selatan dan BTS dalam Diplomasi Budaya menggunakan Korean Wave pada sektor pariwisata 2017-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arsyad, Sri Nurindah Sari (2021) Sinergitas Pemerintah Korea Selatan dan BTS dalam Diplomasi Budaya menggunakan Korean Wave pada sektor pariwisata 2017-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Nurindah Sari Arsyad_I72217052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Sinergitas Pemerintah Korea Selatan dan BTS dalam Diplomasi Budaya Menggunakan Korean Wave pada Sektor Pariwisata 2017-2020. Korea Selatan adalah negara yang dikunjungi oleh sekitar sepuluh juta wisatawan internasional setiap tahun. Budaya lokal yang dikenal di kancah internasional yaitu Korean Wave. Saat ini aktor pemerintah maupun non-pemerintah terus mendorong Korean Wave agar dapat terlibat dalam interaksi hubungan internasional Korea Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik dokumentasi. Untuk mendeskripsikan fenomena tersebut, penelitian ini menggunakan konsep diplomasi budaya. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa sinergitas yang dilakukan pemerintah dan BTS dalam diplomasi budaya di bidang pariwisata adalah 1) Menjadikan BTS sebagai Brand Ambassador Visit Seoul. 2) BTS Perform pada event “Korea-France Friendship Concert” di Paris. 3) BTS sebagai Global Partner of UNICEF (United Nations Children’s Fund).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arsyad, Sri Nurindah Sarisriarsyad99@gmail.comI72217052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmaliyah, Ridharidha.amaliyah@uinsby.ac.id201409001
Subjects: Pariwisata
Budaya
Keywords: Diplomasi Budaya; Korean Wave; Pariwisata; Korea Selatan; BTS.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Sri Nurindah Sari Arsyad
Date Deposited: 15 Aug 2021 05:19
Last Modified: 15 Aug 2021 05:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49523

Actions (login required)

View Item View Item