Peran Kh. Moch Khozin dalam mengembangkan Pondok Pesantren Al-Hamdaniyah di Sidoarjo (1927-1955 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirullah, Ahsaniyah Syidda (2021) Peran Kh. Moch Khozin dalam mengembangkan Pondok Pesantren Al-Hamdaniyah di Sidoarjo (1927-1955 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahsaniyah Syidda Khoirulloh_A92217049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: (1) Heuristik (pengumpulan data) yang berupa dokumen, arsip serta wawancara. (2) Verifikasi (kritik sumber). (3) Interprestasi (penafsiran sumber). (4) Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan pendekatan historis yang mana pendekatan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan sejarah hidup KH. Moch Khozin. Adapun teori yang digunakan adalah teori kepemimpinan Max Weber dan teori peran oleh Biddle. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) KH. Moch Khozin merupakan ulama yang berasal dari Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Beliau memiliki nama lengkap KH. Khozin ibn kiai Khoiruddin ibd Ghazali ibn R. Musthofa, lahir pada tahun ±1875M. Dalam mengawali karirnya beliau menjadi pengasuh Al-Hamdaniyah pada periode ketiga. Beliau wafat pada tahun 1955M (2) Pondok Pesantren Al-Hamdaniyah didirikan oleh KH. Khamdani pada tahun 1787 M. Perkembangan Pondok Pesantren Al-Hamdaniyah sangat pesat sejak periode kepengasuhan KH. Moch Khozin. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya jumlah santri yang menimba ilmu di Pesantren. (3) Peran KH. Moch Khozin dalam mengembangkan Pondok Pesantren Al-Hamdaniyah yaitu dengan mengadakan ngaji rebuan kitab tafsir jalalain dan menggratiskan semua santri yang ingin menimba ilmu di Al-Hamdaniyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirullah, Ahsaniyah Syiddaahsaniyah10@gmail.comA92217049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNuriyadin, Nuriyadin--197501202009121002
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Pesantren
Keywords: KH. Moch Khozin; Perkembangan; Pondok Pesantren Al- Hamdaniyah.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Khoirullah Ahsaniyah Syidda
Date Deposited: 18 Aug 2021 01:27
Last Modified: 18 Aug 2021 01:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49530

Actions (login required)

View Item View Item