Analisis kandungan metabolit sekunder hasil fraksinasi tumbuhan anggur laut (caulerpa racemosa)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asmoro, Rachmad Kresmon (2021) Analisis kandungan metabolit sekunder hasil fraksinasi tumbuhan anggur laut (caulerpa racemosa). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rachmad Kresmon Asmoro_H71216042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia memiliki sumber hayati yang melimpah, salah satunya yaitu anggur laut. Anggur laut ( Caulerpa racemosa) merupakan alga hijau yang tumbuh di beberapa daerah perairan Indonesia. Anggur laut sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia karena mengandung metabolit sekunder. Untuk menjadikan anggur laut sebagai sumber obat maka perlu dilakukan penelitian terkait jenis metabolit sekunder yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan metabolit sekunder dari fraksi metanol, etil asetat dan n-heksana dari tumbuhan anggur laut. Sampel yang digunakan yaitu anggur laut yang diektraksi menggunakan metanol dan difraksinasi menggunakan pelarut metanol, etil asetat, dan n-heksana .Uji yang digunakan yaitu uji fitokimia (flavonoid, saponin, fenol, alkaloid, tanin dan uji steroid). Dari hasil penelitian menunjukkaan bahwa tumbuhan anggur laut (Caulerpa racemosa) pada fraksi metanol mengandung metabolit sekunder berupa falvonoid, alkaloid dan saponin. pada fraksi etil asetat memiliki metabolit sekunder berupa flavonoid, fenol, alkaloid, tanin,dan steroid. Sedangkan Pada fraksi n-heksana memiliki kandungan metabolit sekunder berupa fenol, tanin dan steroid. Penelitian ini menunjukkan bahwa metabolit sekunder yang terkandung dalam tumbuhan anggur laut jenisnya sangat banyak, sehingga dapat dimanfaatkan untuk produk kefarmasian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asmoro, Rachmad Kresmonkresmon@gmail.comH71216042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id8927000020
Subjects: Kimia
Keywords: Anggur laut; Fraksinasi; Metabolit Sekunder; Fitokimia.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Rachmad Kresmon Asmoro
Date Deposited: 15 Aug 2021 04:53
Last Modified: 15 Aug 2021 04:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49551

Actions (login required)

View Item View Item