Pengaruh pemberian pakan dengan probiotik Bacillus subtilis dan Lactobacillus acidophilus pada kelangsungan hidup ikan nila (Oreochromis niloticus) yang diinfeksi dengan Aeromonas hydrophila

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qolbiyah, Rosy Qoimatul (2021) Pengaruh pemberian pakan dengan probiotik Bacillus subtilis dan Lactobacillus acidophilus pada kelangsungan hidup ikan nila (Oreochromis niloticus) yang diinfeksi dengan Aeromonas hydrophila. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosy Qoimatul Qolbiyah_H71217060.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ikan nila merupakan salah satu ikan budidaya air tawar dimana dalam budidayanya salah satu penyebab kematiannya karena adanya penyakit Motile Aeromonas Septicemia (MAS) yang disebabkan oleh bakteri Aeromonas hydrophila. Upaya pencegahan kematian ikan dapat dilakukan dengan pemberian probiotik Bacillus subtilis dan Lactobacillus acidophilus untuk meningkatkan kelangsungan hidup ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan dengan probiotik B. subtilis dan L. acidophilus terhadap kelulushidupan, laju pertumbuhan, dan rasio konversi pakan ikan nila. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 9 perlakuan 3 ulangan yakni B. subtilis (A:5 mL, B:7.5 mL, C:10 mL)/100g pakan, L. acidophilus (D:5 mL pakan, E:7.5 mL, F:10 mL)/100g, G (5 mL L. acidophilus + 5 mL B. subtilis)/100g pakan yang mengandung 108 CFU/mL, dan K (tanpa probiotik). Ikan nila diinfeksi A. hydrophila secara intramuskuler, selanjutnya diberi pakan 3% dari bobot ikan sebanyak 2 kali sehari selama 30 hari. Hasil morfologi setelah pemberian probiotik menunjukkan ikan sudah tidak mengalami pendarahan, namun beberapa masih terdapat bekas luka. Hasil uji Kruskal Wallis menunjukkan tidak ada perbedaan nyata (sig.>0.05) pada pemberian probiotik terhadap kelulushidupan, laju pertumbuhan, dan rasio konversi pakan ikan nila yang diinfeksi dengan A. hydrophila. Kelulushidupan terbaik terdapat pada perlakuan C, G, dan H dengan nilai rata-rata sebesar 89%. Laju pertumbuhan berat spesifik terbaik terdapat pada perlakuan H dengan nilai rata-rata sebesar 0,15%. Rasio konversi pakan terbaik terdapat pada perlakuan G dengan nilai rata-rata sebesar 1.03.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qolbiyah, Rosy Qoimatulrosyqoimatul@gmail.comH71217060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com198612212014031001
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id201409019
Subjects: Biologi
Ikan
Keywords: Oreochromis niloticus; Aeromonas hydrophila; Bacillus subtilis; Lactobacillus acidophilus; kelulushidupan; laju pertumbuhan; rasio konversi pakan.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Rosy Qoimatul Qolbiyah
Date Deposited: 15 Aug 2021 05:09
Last Modified: 15 Aug 2021 05:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49555

Actions (login required)

View Item View Item