Studi perbandingan kelayakan finansial pembesaran lobster (Panulirus sp) pada bak beton dan keramba jaring dasar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Listyaningsih, Lisa (2021) Studi perbandingan kelayakan finansial pembesaran lobster (Panulirus sp) pada bak beton dan keramba jaring dasar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lisa Listyaningsih_H74217034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Budidaya Lobster merupakan salah satu budidaya perikanan yang memiliki prospek usaha yang cukup baik untuk dikembangkan. Permintaan lobster cukup tinggi ditandai dengan meningkatnya ekspor lobster. Untuk dapat meningkatkan kontribusinya upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan produksi lobster melalui kegiatan budidaya. Penelitian ini dilaksanakan di Instalasi Budidaya Laut Boncong, Tuban, Jawa Timur pada bulan April 2021 dan Pantai Grand Watu Dodol, Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur pada bulan Juni 2021. Penelitian ini bersifat deskriptif dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Dari penelitian perbandingan kelayakan finansial pembesaran lobster selama satu siklus antara bak beton dan keramba jaring dasar dapat dikatakan efisien dan layak untuk dijalankan. Namun dalam segi finansial metode keramba jaring dasar lebih menguntungkan dibandingkan dengan dengan metode bak beton karena pendapatan yang diterima lebih besar. Tatangan dalam pembesaran lobster pada bak beton dan keramba jaring dasar adalah mendapatkan benih, proses pembesaran, panen, pemasaran, sumber daya manusia, upaya jika hasil panen tidak terjual dan persaingan komoditas perikanan yang sama sedangkan peluang dalam pembesaran lobster pada bak beton dan keramba jaring dasar adalah lokasi pembesaran yang memadai, kemudahan media pemasaran, sumber daya alam yang mendukung, dan segmen pasar yang terus meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Listyaningsih, Lisamslisalistyaningsih@gmail.comH74217034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Thesis advisorViolando, Wiga Alifwiga.alif@uinsby.ac.id199203292019031012
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Pembesaran Lobster; Kelayakan finansial; bak beton; Keramba jaring dasar.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Lisa Listyaningsih
Date Deposited: 15 Aug 2021 10:19
Last Modified: 15 Aug 2021 10:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49568

Actions (login required)

View Item View Item