Keanekaragaman kepiting Famili Portunidae Genus Scylla spp. di kawasan Mangrove Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Safrilia Cahyani (2021) Keanekaragaman kepiting Famili Portunidae Genus Scylla spp. di kawasan Mangrove Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safrilia Cahyani Putri_H01217016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ekosistem mangrove saat ini banyak yang mengalami kerusakan baik dari kerusakan yang dibuat oleh manusia sendiri maupun secara alami. Kerusakan ekosistem akan berpengaruh terhadap kelimpahan dan keanekaragaman kepiting bakau (Scylla spp.). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui indeks keanekaragaman dan spesies dari kepiting famili portunidae genus Scylla yang ada dikawasan mangrove jawa timur. Metode penelitian yang digunakan deskripstif kuantitatif eksploratif, dengan cara pengukuran ph, suhu dan salinitas disetiap plot. Pengambilan sampel dilakukan dengan membagi 2 stasiun masing-masing 7 plot dengan ukuran 1x1 meter, jarak antar plot 3 meter. Metode yang digunakan untuk mengetahui keanekaragaman dengan cara meletakkan trap bubu yang telah berisi umpan ikan manyu (Jenis keting-ketingan) pada saat pasang air laut, selanjutnya ditunggu hingga air laut mulai surut dan diambilah trap yang telah disebar. Analisis data yang digunakan yaitu indeks keanekaragaman, indeks dominansi, kelimpahan relatif dan uji regresi logistik ordinal. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 37 individu dari 2 spesies kepiting bakau yaitu Scylla olivaceae dan Scylla paramamosain. Indeks keanekaragaman kepiting bakau memiliki rerata antara -0,636 sampai -0,693 yang termasuk dalam kategori rendah. Hasil analisis statistik uji regresi logistik ordinal dengan menggunakan uji Chi Square menghasilkan [P (0,095) > 0,05], maka variabel Ph, Suhu dan Salinitas tidak berpengaruh signifikan secara keseluruhan (simultan) terhadap Keanekaragaman disetiap tempat. Sedangkan hasil analisis statistic secara parsial pada variabel Ph, Suhu dan Salinitas memiliki nilai p > 0,05, artinya tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keanekaragaman di Sidoarjo, Gresik dan Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Safrilia Cahyanisafriliacp12@gmail.comH01217016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayati.alfatawi@gmail.com198102282014032001
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Biologi
Keywords: keanekaragaman; kepiting bakau; faktor abiotik; ujung pangkah; wonorejo; pulau lusi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: SAFRILIA CAHYANI PUTRI
Date Deposited: 15 Aug 2021 10:38
Last Modified: 15 Aug 2021 10:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49572

Actions (login required)

View Item View Item