Analisis total coliform dan keberadaan bakteri Escherichia coli pada kerang lorjuk (Solen sp.) dan air laut Di Perairan Pantai Selatan Kabupaten Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Annaliza Noer (2021) Analisis total coliform dan keberadaan bakteri Escherichia coli pada kerang lorjuk (Solen sp.) dan air laut Di Perairan Pantai Selatan Kabupaten Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annaliza Noer Aini _H71217021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perairan pantai seharusnya memenuhi syarat dari berbagai aspek yaitu fisika, kimia dan mikrobiologis. Kerang lorjuk merupakan jenis hewan bertubuh lunak dan memperoleh makanan dengan menyaring (filter feeder). Hal tersebut mengakibatkan banyak mikroorganisme yang terakumulasi ke dalam tubuh kerang, salah satunya adalah kelompok bakteri Coliform. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil total Coliform dan keberadaan bakteri E. coli pada sampel kerang lorjuk dan air laut ditinjau dari baku mutu yang telah ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan observasional. Pengambilan sampel penelitian dilakukan di 2 stasiun pantai selatan Kabupaten Pamekasan yaitu Pantai Kecamatan Larangan dan Kecamatan Pademawu secara purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan melalui analisis deskriptif dan dibandingkan dengan standar baku yang telah ditetapkan. Hasil menunjukkan berdasarkan total Coliform dari seluruh stasiun lokasi yang dilakukan penelitian hanya total Coliform titik A3 (Kecamatan Larangan) yang nilainya melebihi baku mutu air laut Kementerian Lingkungan Hidup No. 51 Tahun 2004 yakni total Coliform sebanyak 1600 koloni/100 mL dan Colifom fecal 240 koloni/100 mL, namun stasiun lokasi lainnya memenuhi syarat baku mutu air laut untuk biota laut karena nilainya tidak melebihi Coliform 1000 koloni/100 mL dan Coliform fecal 200 koloni/100 mL. Total Coliform fecal kerang lorjuk (Solen sp.) menunjukkan seluruh sampel melebihi baku mutu (SNI) 7388-2009 sebagai produk perikanan segar dengan jumlah seluruh sampel melebihi 3 koloni/100 mL. Pada uji biokimia semua sampel yaitu kerang lorjuk air laut dinyatakan positif mengandung E. coli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Annaliza Noernoerainiannaliza@gmail.comH71217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsby.ac.id0705128601
Subjects: Biologi
Keywords: Coliform; E. coli; Kerang Lorjuk; Air Laut; Pantai Pamekasan.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Annaliza Noer Aini
Date Deposited: 15 Aug 2021 10:00
Last Modified: 15 Aug 2021 10:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49581

Actions (login required)

View Item View Item