Uji potensi isolat jamur Phanerochaete chrysosporium dalam biodegradasi beberapa pewarna tekstil sintetis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, Maziyatul (2021) Uji potensi isolat jamur Phanerochaete chrysosporium dalam biodegradasi beberapa pewarna tekstil sintetis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maziyatul Lailiyah_H71217009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Zat warna sintetis merupakan zat warna yang banyak digunakan dalam industri tekstil. Pewarna sintetis ini dapat menimbulkan masalah bagi lingkungan karena menghasilkan limbah yang mengandung bahan kimia berbahaya dan tidak mudah terurai secara hayati. Oleh karena itu, diperlukan alternatif baru dengan menggunakan metode biologis yang disebut biodegradasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jamur Phanerochaete chrysosporium dalam mendegradasi beberapa pewarna tekstil sintetis. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan menggunakan 4 ulangan untuk setiap jenis pewarna tekstil yaitu fast blue B salt, reaktif hitam, indigosol/tong blue, acid orange, direct blue, dan sulfur black dengan konsentrasi 100 mg/L. Uji degradasi zat warna tekstil sintetik menggunakan media padat dan media cair. Media padat untuk mengetahui perubahan warna dari hari ke hari dan untuk mengetahui pertumbuhan jamur dengan mengukur diameter koloni jamur. Pada media cair untuk melihat penyerapan warna dan penurunan intensitas zat warna menggunakan spektrofotometer UV-Vis, kemudian dihitung persentase penurunan nilai absorbansinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada media padat perhitungan diameter koloni jamur dan pada media cair persentase degradasi mendapatkan perbedaan yang signifikan untuk masing-masing zat warna. Hasil analisis statistik One Way Anova menunjukkan nilai sig < 0,05. Uji media padat menunjukkan bahwa jamur P. chrysosporium mampu mendegradasi semua jenis zat warna pada konsentrasi 100 mg/L dengan perubahan semua jenis warna pada hari ke-15 pengamatan dan warna memudar menjadi putih pucat pada hari ke-30. hari pengamatan. Zat warna tertinggi terdapat pada zat warna hitam belerang 88,01% dan terendah pada zat warna jingga asam 16,53%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, Maziyatulmaziiyylailii@gmail.comH71217009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id8927000020
Subjects: Biologi
Keywords: Phanerochaete chrysosporium; Biodegradasi; Pewarna Sintetis; Presentase Degradasi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Maziyatul Lailiyah
Date Deposited: 15 Aug 2021 10:26
Last Modified: 15 Aug 2021 10:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49585

Actions (login required)

View Item View Item