Analisis status konservasi dan spesies terkait ekologi dalam penangkapan Hiu di UPT Muncar, Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidah, Nur (2021) Analisis status konservasi dan spesies terkait ekologi dalam penangkapan Hiu di UPT Muncar, Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Maulidah_H74217057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian menganai analisis status konservasi dan spesies terkait ekologi (ERS- Ecollogy Related Species) pada penangkapan hiu dilakukan di Muncar, Banyuwangi yang berlangsung selama bulan Maret hingga Mei 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status konservasi dan variabilitas pada jenis hiu serta kondisi kelayaktangkapan massive shark yang didaratkan di Muncar serta mengidentifikasi spesies terkait ekologi pada hiu (ERS) yang mendarat di Muncar selama periode pendataan. Pendataan dilakukan setiap hari selama ada kegiatan pendaratan hiu baik di Brak Muncar (Pasar ikan) atau Pelabuhan Muncar. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode survei atau observasi secara langsung yang bersikap deskriptif dan wawancara sebagai data pelangkap. Selama pendataan didapatkan hasil variabilitas sebanyak 37 spesies dengan 6 kategori status konservasi berdasarkan IUCN pada hiu yang mendarat di Muncar yaitu; VU,NT,EN,LC,CR,DD dengan dominasi dari VU sebesar 12%. Kondisi kelayaktangkapan pada hiu kejen dan hiu martil mendapati kondisi immature. Hasil analisa ERS dalam aktivitas penangkapan terdiri dari jenis ikan dengan tingkat trofik yang lebih rendah 94% pelagis besar, 3% demersal, 3% demersal karang

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidah, Nurnurmaulida103@gmail.comH74217057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id198107252014031002
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id198908242018012001
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Status Konservasi; Kelayaktangkapan; ERS; Hiu kejen; Hiu martil.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Nur Maulidah
Date Deposited: 15 Aug 2021 23:51
Last Modified: 15 Aug 2021 23:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49589

Actions (login required)

View Item View Item