Pemetaan tingkat kerentanan wilayah pesisir terhadap perubahan iklim di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fallahiyah, Silvy Ana Dwi (2021) Pemetaan tingkat kerentanan wilayah pesisir terhadap perubahan iklim di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvy Ana Dwi Fallahiyah_H74217059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Padatnya aktivitas manusia dan kegiatan industri wilayah pesisir yang terjadi di Kecamatan Gending dapat menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan seperti perubahan iklim. Perubahan iklim yang yang terjadi terus-menerus dapat menimbulkan berbagai kondisi ataupun bencana yang apabila terjadi dapat mengakibatkan berbagai kerentanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kerentanan di wilayah pesisir Kecamatan Gending terhadap perubahan iklim serta menganalisis parameter yang memiliki nilai bobot tertinggi dan terendah dalam penilaian indeks CVI. Kajian kerentanan wilayah pesisir Kecamatan Gending dilakukan dengan menggunakan metode CVI dari Gornitz (1991) yang telah dimodifikasi. CVI (Coastal Vulnerability Index) merupakan metode pembobotan relatif berbasis skala indeks dari parameter fisik. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini meliputi parameter pasang surut, tinggi gelombang, kemiringan pantai, perubahan garis pantai, kenaikan muka air laut, ketinggian permukaan tanah dan geomorfologi (tutupan lahan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Curahsawo, Desa Pajurangan, Desa Gending, Desa Pesisir dan Desa Klaseman memiliki tingkat kerentanan yang sedang dengan nilai CVI berturut-turut yaitu 18,51, 20,70, 20,70, 20,70 dan 21,38. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa parameter dengan bobot tertinggi yaitu kenaikan muka air laut, sedangkan parameter dengan bobot terendah adalah tinggi gelombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fallahiyah, Silvy Ana Dwifallahiyahsilvy@gmail.comH74217059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma18@gmail.com2018118102
Subjects: Bencana alam
Ilmu Kelautan
Keywords: CVI; Kerentanan Pesisir; Perubahan Iklim.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Silvy Ana Dwi Fallahiyah
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:29
Last Modified: 18 Aug 2021 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49616

Actions (login required)

View Item View Item