Hehegemoni elit agama dalam membentuk wacana covid-19: studi masyarakat Pantura Kabupaten Lamongan perspektif relasi kuasa.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Fiqih (2021) Hehegemoni elit agama dalam membentuk wacana covid-19: studi masyarakat Pantura Kabupaten Lamongan perspektif relasi kuasa. Masters thesis, U.

[img] Text
Moh. Fiqih Firdaus_F02119007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini ingin membahas kuasa wacana dalam fenomena masyarakat pantura Lamongan dalam menghadapi fenomena virus Covid-19. Tentu studi kasus dalam artikel ini adalah ingin mengangkat bagaimana peran elit agamawan memproduksi serta mendistribusikan sebuah wacana kepada masyarakat pantura Kabupaten Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis, dengan model penelitian kualitatif, dengan sumber informasi berasal dari kajian lapangan dengan dibantu dari sumber buku dan media internet. Sedangkan pendekatan teori yang digunakan sebagai pisau analisis yaitu menggunakan teori relasi kuasa Michel Foucault dan teori hegemoni Antonio Gramsci. Adapun temuan baru yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu kuasa wacana yang berasal dari pemimpin keagamaan di wilayah pesisir Utara Lamongan lebih diterima sebagai modus tindakan dari pada wacana yang berasal dari pemerintah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Fiqihfiqihfirdaus378@gmail.comF02119007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Samsulsyamsulh@uinsby.ac.id/msyamsulhud@gmail.com2029037201
Thesis advisorNurhayati, Aniekaniekn@gmail.com2007096902
Subjects: Filsafat
Keywords: Elit Agama; Hegemoni; Relasi kuasa; Wacana pengetahuan; Virus Covid-19.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Firdaus Moh. Fiqih
Date Deposited: 15 Nov 2021 08:13
Last Modified: 15 Nov 2021 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49620

Actions (login required)

View Item View Item