Algoritma pemrograman arah kiblat metode Analogi Napier menggunakan Software Visual Basic 6.0

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Fariza, Siti Lailatul Rif’ah (2021) Algoritma pemrograman arah kiblat metode Analogi Napier menggunakan Software Visual Basic 6.0. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Lailatul Rif'ah Al Fariza_C97217035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan dalam penyusunan skripsi ini menggunakan dua metode, yaitu metode analisis deskriptif dan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Sumber data primer yang Penulis gunakan adalah buku Ilmu Falak Perjumpaan Khazanah Islam dan Sains Modern karya Susiknan Azhari dan microsoft visual basic 6.0. Sedangkan sumber data sekunder yang Penulis gunakan adalah buku-buku ilmu falak yang membahas tentang perhitungan arah kiblat dan microsoft visual basic 6.0. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi (Documentation). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan beberapa informasi pengetahuan, fakta, dan data yang dibutuhkan. Dari beberapa proses pengumpulan data tersebut analisis penelitian dan pengembangan program ini terbagi menjadi 8 tahapan, yaitu: 1) mulai, 2) mengumpulkan data, 3) analisis kebutuhan, 4) desain program, 5) implementasi program, 6) uji coba program, 7) meng-compile dan build program, 8) selesai. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa perhitungan arah kiblat dengan menggunakan metode analogi napier memerlukan data-data geografis lokasi tempat dan Ka’bah melalui empat langkah perhitungan menghasilkan sudut kiblat yang diukur dari arah utara. Dan algoritma pemrograman arah kiblat metode analogi napier menggunakan software visual basic 6.0 secara garis besar dapat dilakukan dengan beberapa tahapan berikut: 1) mengumpulkan data, 2) analisis kebutuhan program arah kiblat metode analogi napier, 3) perancangan desain program arah kiblat metode analogi napier, 4) implementasi program arah kiblat metode analogi napier, 5) pengujian program arah kiblat metode analogi napier, 6) meng-compile dan build program arah kiblat metode analogi napier. Selaras dengan hal tersebut, Penulis memberi saran untuk dilakukan perbaikan tata tulis dalam buku Ilmu Falak Perjumpaan Khazanah Islam dan Sains Modern karya Susiknan Azhari, dan mengingat perkembangan teknologi yang semakin maju, diharapkan program arah kiblat ini dapat ditingkatkan lagi mengikuti versi selanjutnya semisal dapat dijalankan pada sistem operasi MacOs, Linux, dan sistem operasi handphone seperti Java, Android, dan Symbian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Fariza, Siti Lailatul Rif’ahsitilailatulraf@gmail.comC97217035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyadi, Moh. Imronkaji_imron@yahoo.com197704152006041002
Subjects: Hisab dan Rukyah
Keywords: Arah Kiblat; Program arah kiblat.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Siti Lailatul Rif'ah Al Fariza
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:40
Last Modified: 18 Aug 2021 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49632

Actions (login required)

View Item View Item