Tradisi Rebo Wekasan dan religiusitas masyarakat di Desa Suci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyati, lilis (2021) Tradisi Rebo Wekasan dan religiusitas masyarakat di Desa Suci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilis Cahyati_E02217017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia memang kaya akan agama, bahasa, suku dan budaya, terlebihnya budaya. Budaya Indonesia yang selalu di lakukan secara turun temurun. Terutama di pulau Jawa, pulau Jawa sangat kental akan hal budaya atau tradisi. Seperti halnya mitoni, tujuh bulanan, slametan dan bersih desa. Tradisi ini tidak pernah di tinggalkan oleh masyarakat Jawa khususnya. Di Desa Suci Kecamatan Manyar Gresik juga mempunyai tradisi khusus yang sampai saat ini masih dilestarikan, yakni tradisi Rebo Wekasan. Perayaan tradisi Rebo Wekasan menjadi ritual keagamaan dalam bentu shalat, khotmil Qur,an, membaca shalawat dan kegiatan keagamaan yang lainnya. Tradisi ini dilakukan pada hari Rabu terakhir di bulan Shafar. Perayaan tradisi Rebo Wekasan bertujuan untuk mensyukuri nikmat Allah serta menolak berbagai musibah (balak) dan bertujuan untuk memperingati sejarah dan peninggalan dari Syeikh Jamaluddin Malik yang saat itu berdakwah di Desa Suci dan atas karamah beliau peninggalan yang berupa Sumur Gede, Sendang dan mata air yang bermanfaat sampai sekarang. Penelitian ini membahas apa makna kegiatan tradisi Rebo Wekasan bagi masyarakat Desa Suci Manyar Gresik dan membahas bagaimana Religiusitas masyarakat dalam tradisi Rebo Wekasan di Desa Suci Manyar Gresik. Sehingga dapat menjelaskan tujuan dari peneliti agar dapat memahami, dan menganalisis, dan menjelaskan makna tradisi Rebo wekasan di Desa Suci Manyar Gresik, serta memahami dan menganalisis sikap religiusutas masyarakat dalam mengikuti tradisi Rebo wekasan di Desa Suci Manyar Gresik. Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif karena jenis penelitian ini identik dengan realita kejadian atau peristiwa yang terjadi sehingga memunculkan kemurnian dan juga kenaturalan pada hasil pembahasan pada penelitian. Penelitian ini tentang religiusitas seseorang dalam tulisan ini menggunakan teori dari Glock dan Strak tentang dimensi religiusitas seseorang dan menggunakan teori dari Clifford Geertz tentang agama dan budaya sehingga dapat menunjang penelitian ini agar lebih sistematis dan membantu peneliti untuk meneliti secara maksimal. Temuan dalam penelitian ini adalah bahwa tradisi Rebo Wekasan ini mempunyai dampak positif bagi masyarakat Desa Suci terutama dalam bidang keReligiusitasan seseorang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyati, liliskincocahyatii23@gmail.comE02217017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Masyarakat
Tradisi Islam
Keywords: Tradisi; Rebo Wekasan; Religiusitas.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Lilis cahyati
Date Deposited: 18 Aug 2021 23:51
Last Modified: 18 Aug 2021 23:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49652

Actions (login required)

View Item View Item