Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi dengan pendidikan islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanum, Mafidha Laila (2021) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi dengan pendidikan islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mafidha Laila Hanum_D91217109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hanum, Mafidha Laila. 2021. Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi dengan Pendidikan Islam. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya. Berbagai permasalahan dalam masyarakat yang tak kunjung usai berasal dari proses pendidikan yang hanya memberikan berbagai macam pengetahuan, belum membentuk karakter pada diri peserta didik secara maksimal. Di lingkungan sekolah, pembelajaran nilai-nilai moral dapat diberikan melalui Novel Ranah 3 Warna, karya sasrta yang mengandung nilai-nilai karakter yang patut dijadikan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui cara tokoh utama menunjukkan nilai karakter dalam Novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, 2) mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, 3) mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi dengan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), dimana objek penelitian dicari melalui berbagai macam informasi kepustakaan. Adapun tahap-tahapnya yaitu mengumpulkan bahan-bahan penelitian, membaca bahan kepustakaan, membuat catatan penelitian dan mengolah catatan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) nilai karakter yang terdapat dalam novel Ranah 3 Warna ditunjukkan melalui perkataan, tindakan dan percakapan antar tokoh, 2) nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ranah 3 Warna meliputi nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggungjawab, 3) pendidikan akhlak dan pendidikan karakter membawa misi yang sama yaitu untuk menanamkan pengetahuan, kesadaran kemauan dan tindakan untuk melakukan nilai-nilai, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama maupun lingkungan sehingga menjadi manusia insan kamil (manusia yang sempurna). Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam novel Ranah 3 Warna relevan dengan pendidikan Islam. Nilai akidah relevan dengan nilai karakter religius. Nilai syariah (ibadah) relevan dengan nilai karakter kerja keras, kreatif, disiplin, mandiri dan gemar membaca. Nilai syariah (muamalah) relevan dengan nilai karakter demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, dan cinta damai. Nilai akhlak relevan dengan nilai karakter jujur, toleransi, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggungjawab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanum, Mafidha Lailamafidhalaila20.8b@gmail.comD91217109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto-2016117301
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter; Pendidikan Islam.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mafidhalaila hanum
Date Deposited: 18 Aug 2021 23:53
Last Modified: 18 Aug 2021 23:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49660

Actions (login required)

View Item View Item