Sifat-sifat Mutawakkilin Perspektif M. Yunan Yusuf: telaah penafsiran surah al-Shura [42]: 36-40 dalam Tafsir Annahul Haq

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomaruddin, Mohammad (2021) Sifat-sifat Mutawakkilin Perspektif M. Yunan Yusuf: telaah penafsiran surah al-Shura [42]: 36-40 dalam Tafsir Annahul Haq. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Qomaruddin_E73214058.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua hal. Pertama, konsep sifat-sifat orang yang bertawakal yang diulas oleh M. Yunan Yusuf di dalam tafsirnya, Annahul Haq, ketika menafsirkan surah al-Shura [42]: 36-40. Kedua, terdapat perbedaan yang cukup signifikan dalam penafsiran surah al-Shura [42]: 36-40 yang ditulis oleh M. Yunan Yusuf itu—yang notabene merupakan salah seorang mufasir nusantara di era moder-kontemporer ini—dengan penafsiran yang ditulis oleh para mufasir klasik, seperti al-Tabari, Ibn Katsir dan lain sebagainya. Untuk itu, terdapat dua fokus masalah yang dikaji dalam penelitian ini; (1) metode dan teori penafsiran yang digunakan oleh M. Yunan Yusuf saat menafsirkan surah al-Shura [42]: 36-40, dan (2) implikasi penerapan teori penafsiran M. Yunan Yusuf tersebut terhadap konsepnya tentang tawakal dalam Al-Qur’an. Untuk menjawab kedua permasalahan ini, penulis menggunakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, yakni dengan mengakomodir dan menelaah berbagai buku atau kitab yang berkenaan dengan topik yang sedang dikaji. Berdasarkan telaah yang telah penulis lakukan, dapat dipahami bahwa metode penafsiran yang digunakan oleh M. Yunan Yusuf di dalam tafsirnya, Annahul Haq, adalah metode penafsiran tahlili (analitis), yakni menelaah ayat per ayat sesuai urutannya dalam mushaf utsmani. Sedangkan teori penafsiran yang digunakan dalam tafsirnya itu adalah teori muna>sabah dan al-ittija>h al-ijtima>‘i. Yang pertama mengandaikan adanya hubungan saling ikat-mengikat (keterikatan) antara ayat demi ayat di dalam Al-Qur’an (dan beberapa contoh keterikatan yang lain); sedangkan yang kedua menghendaki penafsiran Al-Qur’an yang bercorak sosial-kemasyarakatan agar dapat langsung berpartisipasi dalam mengurai problem-problem yang dihadapi oleh masyarakat. Dalam konteks penafsiran surah al-Shura [42]: 36-40, penggunaan kedua teori ini berimplikasi pada pemahaman M. Yunan Yusuf atas kelima ayat tersebut. Menurutnya, kelima ayat tersebut merupakan satu-kesatuan yang sedang membicarakan tentang sifat-sifat orang yang bertawakal. Dengan kata lain, menurutnya, berbagai deskripsi seperti menjauhi dosa-dosa besar, menjauhi perbuatan keji, dan seterusnya—yang tertera pada ayat ke-37 sampai 40—merupakan penjelasan lebih lanjut atas orang-orang yang bertawakal yang diungkapkan pada ayat ke-36. Tidak hanya itu, sebagai implikasi dari penggunaan al-ittija>h al-ijtima>‘i, ia pun menghubungkan sifat-sifat tersebut dengan contoh-contoh konkrit di masyarakat. Di sisi lain, tentu pemahaman seperti ini—yakni memahami ayat ke-37 sampai 40 sebagai deskripsi lanjutan tentang orang-orang yang bertawakal—berbeda dengan penafsiran-penafsiran mufasir klasik, seperti al-Tabari, al-Zamakhshari dan al-Muntajab al-Hamadhani. Mereka justru memahami ayat ke-37 hingga 40 itu sebagai penjelasan lebih lanjut atas sifat-sifat orang yang beriman. Bahwa “tawakal” juga merupakan “pelengkap” atau sifat yang melekat pada orang-orang yang beriman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomaruddin, Mohammadalqomar49@gmail.comE73214058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarrofah, Musyarrofahe.musyarrofah@yahoo.co.id2014067102
Subjects: Agama
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tasawuf
Keywords: Penafsiran Surah al-Shura; Tafsir Annahul Haq; M. Yunan Yusuf; Tawakal; surah al-Shura [42]: 36-40.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Mohammad Qomaruddin
Date Deposited: 19 Aug 2021 00:02
Last Modified: 19 Aug 2021 00:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49664

Actions (login required)

View Item View Item