Analisis teori fraud pentagon dalam mendeteksi kecurangan pelaporan keuangan: studi empiris perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamy, Faradila Aulia Putri (2021) Analisis teori fraud pentagon dalam mendeteksi kecurangan pelaporan keuangan: studi empiris perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faradila Aulia Putri Islamy_G72217060.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan metode pendekatan kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan serta menguji pengaruh lima elemen fraud pentagon secara parsial maupun secara simultan terhadap kecurangan pelaporan keuangan. Objek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2017-2019. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan metode statistik analisis regresi linear berganda dengan alat bantu hitung software SPSS versi 25. Penelitian menggunakan data sekunder dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 84 sampel, terdiri dari 28 perusahaan selama 3 tahun periode penelitian. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial (uji-t) bahwa variabel peluang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kecurangan pelaporan keuangan, variabel tekanan berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap kecurangan pelaporan keuangan, sedangkan variabel kompetensi, arogansi dan rasionalisasi berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap kecurangan pelaporan keuangan. Namun secara simultan (uji-f) variabel peluang, tekanan, kompetensi, arogansi dan rasionalisasi berpengaruh terhadap kecurangan pelaporan keuangan. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu penggunaan data time series yang lebih lama agar memperoleh data yang lebih empiris dan memperluas jangkauan objek, dan menggunakan objek perusahaan yang belum pernah diteliti sebelumnya sehingga diperoleh hasil lebih maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamy, Faradila Aulia Putrifarah.dlau@gmail.comG72217060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKoerniawati, Dwidk.niawati@gmail.com198507122019032010
Subjects: Akuntansi
Keywords: Teori Fraud Pentagon; Kecurangan pelaporan keuangan; Perusahaan Pertambangan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Faradila Aulia Putri Islamy
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:28
Last Modified: 18 Aug 2021 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49678

Actions (login required)

View Item View Item