Studi Distribusi Mikroplastik pada Sedimen Pesisir Desa Curah Dringu dan Desa Dungun Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widiana, Safitri (2021) Studi Distribusi Mikroplastik pada Sedimen Pesisir Desa Curah Dringu dan Desa Dungun Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safitri Widiana_H04216021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sampah adalah masalah lingkungan hidup di Indonesia dan di seluruh dunia terutama di lingkungan laut dan pesisir. Jenis sampah laut yang paling dominan yaitu sampah plastik. Plastik terdegradasi menjadi butiran plastik yang lebih kecil disebut dengan mikroplastik. Adapun wilayah yang berpotensi terhadap pencemaran mikroplastik yaitu pesisir Desa Curah Dringu dan Desa Dungun Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis, kepadatan, polimer penyusun, dan distribusi dari mikroplastik. Pengamatan dilakukan di tiga stasiun di sepanjang pesisir Desa Curah Dringu dan Desa Dungun. Analisis mikroplastik pada sedimen dilakukan dengan pengujian laboratorium menggunakan mikroskop. Analisis polimer dengan pengujian FT-IR. Hasil analisis ditemukan jenis mikroplastik yaitu fragmen, fiber, dan film. Kepadatan mikroplastik perstasiun tertinggi di stasiun 1 dengan jumlah kepadatan sebanyak 1351 item/m³ dan untuk kepadatan mikroplastik perjenis tertinggi yaitu pada jenis mikroplastik fragmen dengan jumlah kepadatan sebanyak 1532 item/m³. Distribusi mikroplastik di pesisir Desa Curah Dringu dan Desa Dungun diindikasi berasal dari sampah laut dan akumulasi sampah dari tempat wisata di Pantai Bahak Indah. Hasil uji FT-IR ditemukan jenis polimer mikroplastik yaitu polyethylene (PE), polyvinyl cloride (PVC), polypropylene (PP), polyamidenylon (PA), polystyrene (PS), dan polyethylene terephthalate (PET).

Kata Kunci : Mikroplastik, Sedimen, Kepadatan, Distribusi, Polimer

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widiana, Safitriwidiana0703@gmail.comH04216021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPerdanawati, Rizqi Abdiabdirizqi@uinsby.ac.id2026098801
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma@uinsby.ac.id2018118102
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Mikroplastik; Sedimen; Kepadatan; Distribusi; Polimer.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Safitri Widiana
Date Deposited: 26 Aug 2021 00:52
Last Modified: 26 Aug 2021 00:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49687

Actions (login required)

View Item View Item