Majelis TAMRU (ta’lim wal maulid roudhotul ulum): pengajian Kitab Nadzam Safinah al Najah menggunakan media seni budaya Hadrah di Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khuzairoh, Umi (2021) Majelis TAMRU (ta’lim wal maulid roudhotul ulum): pengajian Kitab Nadzam Safinah al Najah menggunakan media seni budaya Hadrah di Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Khuzairoh _A92217091.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan Sejarah dan Sosiologi yang mana pendekatan Sejarah untuk mengetahui awal mula terbentuknya majelis taMRU di Probolinggo sedangkan sosiologi untuk mengetahui interaksi sosial yang sedang berlangsung di acara majelis TaMRU. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori yang dikemukakan oleh Neil Smeller tentang tingkah laku kumpulan masa (colection behavior). Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian sejarah dengan beberapa tahapan, seperti: heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa 1) majelis TaMRU merupakan majelis ilmu yang di pimpin oleh KH. Moh. Hasan Naufal selaku pengasuh Pondok Zainul Hasan Probolinggo, awal mula berdirinya majelis TaMRU ini di awali dengan pengajian kitab Nadzam dari daerah kedaerah hingga menjadi majelis besar seperti saat ini. 2) Pelaksanaan majelis TaMRU diawali dengan pembacaan Ratib Al-Haddad, Yasin dan Tahlil, pembacaan Shalawat Nabi oleh grup hadrah jamaah Mahidin Al-Hasanain, pengajian kitab nadzam Safinah al Najah, sesi tanya jawab, serta ceramah agama dan doa. 3) Mengenai Respon masyarakat yang mengungkapkan bahwa majelis TaMRU menjadi sarana pendidikan untuk mengenal Islam lebih dalam dengan penyajian ngaji kitab nadzam Safmah Al- Najah didalamnya, rutinan majelis TaMRU dan partisipasi remaja membentuk komunitas sebagai dukungan hadirnya majelis TaMRU.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khuzairoh, Umiumikhuzairoh@gmail.comA92217091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Antropologi Budaya
Budaya Islam
Keywords: Majelis TaMRU; Seni; dan Pengajian Kitab.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Khuzairoh Umi
Date Deposited: 19 Aug 2021 23:15
Last Modified: 19 Aug 2021 23:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49694

Actions (login required)

View Item View Item