Pengaruh kompensasi bonus dan dividend payout ratio terhadap praktik perataan laba: studi pada sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmania, Maulinda Zulfa (2021) Pengaruh kompensasi bonus dan dividend payout ratio terhadap praktik perataan laba: studi pada sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulinda Zulfa Rahmania_G72217066.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi bonus dan dividend payout ratio terhadap praktik perataan laba secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengujian data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu software SPSS versi 25. Jumlah sampel yang diuji dalam penelitian ini sebanyak 66 sampel yang terdiri dari 33 perusahaan dengan periode penelitian selama 2 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (uji-t), variabel kompensasi bonus tidak berpengaruh terhadap praktik perataan laba dengan nilai signifikansi sebesar 0,382. Sedangkan variabel dividend payout ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap praktik perataan laba dengan nilai signifikansi sebesar 0,003. Secara simultan (uji-F), variabel kompensasi bonus dan dividend payout ratio berpengaruh signifikan terhadap praktik perataan laba dengan nilai signifikansi sebesar 0,012. Berdasarkan uraian hasil penelitian, diharapkan bagi investor maupun calon investor agar lebih teliti dalam menganalisa serta tidak hanya melihat nilai dividen ataupun laba perusahaan perbankan yang akan dijadikan tempat berinvestasi. Sedangkan bagi perusahaan diharapkan agar tidak menyajikan informasi dalam laporan keuangan yang dapat menyesatkan investor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmania, Maulinda Zulfamaulindazr@gmail.comG72217066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLating, Ade Irma Suryaniade.irma.suryani1091@gmail.com199110012019032020
Subjects: Akuntansi
Keywords: Kompensasi Bonus; Dividend Payout Ratio; dan Perataan Laba.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Linda Zulfa
Date Deposited: 19 Aug 2021 22:28
Last Modified: 19 Aug 2021 22:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49697

Actions (login required)

View Item View Item