(دراسة تحليلية تداولية) الإحالة في سورة آل عمران

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasetyo, Moh. Galih (2021) (دراسة تحليلية تداولية) الإحالة في سورة آل عمران. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Galih Prasetyo_A01217029.pdf

Download (1MB)

Abstract

Referensi (Al-Ihalah) dalam surat Ali Imron (Kajian Pragmatik) Penelitian ini menggunakan salah satu objek kajian Bahasa yakni Al-Qur’an. Pada penelitian kali ini peneliti mengambil satu surat saja guna mentitik fokuskan pada penelitiannya yakni, Surat Ali Imron. Surat tersebut merupakan surat ke-3 dari kitab suci Al-qur’an. Surat Ali Imron terdiri dari 200 ayat tegolong surat Madaniyyah yang diturunkan di kota Madinah. Referensi (Al-Ihalah) merupakan salah satu bidang kajian dari ilmu pragmatik yang mana adalah unsur dari kajian ilmu bahasa itu sendiri. Ilmu bahasa adalah ilmu yang membahas tentang bahasa, tata cara bahasa baik dari sisi fonem, morfem, sintaks, semantiks, dan pragmatik. Sedangkan ilmu pragmatik adalah ilmu yang mempelajari kondisi suatu penggunaan bahasa manusia yang pada dasarnya diliat dari konteks yang mewadahi dan melatar belakangi bahasa tersebut. Referensi (Al-Ihalah) ialah lafadz-lafadz yang digunkan untuk merujuk pada lafadz atau makna yang masih berhubungan. Referensi (Al-Ihalah) terbagi menjadi tiga bagian yakni, Anaphoric, cataphoric, dan exophoric. Tujuan dari referensi (Al-Ihalah) secara umumnya ialah merujukkan makna dari lafadz-lafadz yang masih berhubungan baik sebelum maupun sesudah lafadz yang dimaksud untuk lebih memahami konteks bahasa tersebut. Penelitian ini mengambil kajian pragmatik tepatnya yakni refrensi. Pada penelitian kali ini peneliti menentukan rumusan masalah sebagai berikut : 1)Apa sajakah macam-macam Referensi (Al-Ihalah) dalam surat Ali Imron ayat 1-50? 2)Bagaimana sajakah bentuk Referensi (Al-Ihalah) dalam surat Ali Imron ayat 1-50?. Metode yang digunakan oleh peneliti ialah deskriptif kualitatif. Sebagaimana data dalam penelitian ini berupa lafadz-lafadz yang terdapat di Surat. Adapun proses penelitiannya yakni dengan membaca dan memahami teori-teori dari berbagai sumber yang berkaitan dengan refrensi. Selanjutnya menyusun hasil data keseluruhan secara sistematis sehingga mempermudah pemahaman bagi para pembaca. Adapun hasil kesimpulan dalam penelitian ini ialah ditemukan 336 kata Referensi (Al-Ihalah) dalam surat Ali Imron ayat 1-50 diantaranya 157 kata Al-Ihalah ad-dhahiliyah qabliyah, 71 kata Al-Ihalah al-dhahiliyah Ba’diyah dan 108 kata Al-Ihalah kharijiyah. Sedangkan bentuknya ialah 51 Ihalah dengan dhomir mustatir, 220 kata Ihalah dengan dhomir muttashil, 32 kata Ihalah dengan dhomir munfashil, 16 kata Ihalah dengan isim isyaroh, dan 17 kata Ihalah dengan isim maushul.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasetyo, Moh. Galihmgalihpras@gmail.comA01217029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Al Qur'an
Keywords: Pragmatik; Referensi (Ihalah); dan surat Ali Imron.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Moh. Galih Prasetyo
Date Deposited: 19 Aug 2021 22:34
Last Modified: 19 Aug 2021 22:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49708

Actions (login required)

View Item View Item