Pengaruh corporate social responsibility, inventory intensity, capital intensity, dan insentif pajak terhadap agresivitas pajak : studi kasus pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di bei tahun 2018 – 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afidah, Nurillah (2021) Pengaruh corporate social responsibility, inventory intensity, capital intensity, dan insentif pajak terhadap agresivitas pajak : studi kasus pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di bei tahun 2018 – 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurillah Afidah_G72217070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh tiap variabel yaitu Corporate Social Responsibility (CSR), inventory intensity, capital intensity, dan insentif pajak terhadap agresivitas pajak serta untuk mengetahui variabel independen secara simultan terhadap agresivitas pajak. Jenis dari penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif asosiatif dengan data sekunder berupa annual report perusahaan sub sektor consumer good yang terdaftar di BEI tahun 2018 - 2019. Terdapat 50 sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 25 dalam pengelolaan datanya. Penelitian ini memiliki hasil bahwa variabel Corporate Social Responsibility dan insentif pajak berpengaruh secara signifikan positif terhadap agresivitas pajak. Sedangkan variabel inventory intensity dan capital intensity memiliki hubungan positif tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Selain itu seluruh variabel independen memiliki pengaruh secara simultan terhadap agresivitas pajak. Penelitian ini memberikan saran kepada penelitian selanjutnya untuk memperluas pemilihan sektor, memperpanjang tahun pengamatan, serta disarankan agar menggunakan indeks pengungkapan Corporate Social Responsibility lainnya jika variabel tersebut digunakan. Untuk perusahaan disarankan lebih memperhatikan faktor – faktor yang dapat mempengaruhi agresivitas pajak agar citra perusahaan tetap baik dan dapat menarik para investor untuk menanamkan modalnya. Selain itu untuk para investor agar semakin bijak dan cermat dalam memprospek perusahaan. Serta untuk pemerintah diharapkan agar selalu bijak dalam setiap menetapkan peraturan yang akan diberlakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afidah, Nurillahnurilafidah99@gmail.comG72217070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAripratiwi, Ratna Anggrainiratnaanggraini.ra@gmail.com198905282019032014
Subjects: Akuntansi
Keywords: Corporate Social Responsibility; Inventory Intensity; Capital Intensity; Insentif Pajak; dan Agresivitas Pajak.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Nurillah Afidah
Date Deposited: 19 Aug 2021 22:45
Last Modified: 19 Aug 2021 22:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49709

Actions (login required)

View Item View Item