Penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Projects (MMP) berbantuan Geogebra untuk meningkatkan kemampuan Spasial Peserta Didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmadhani, Adetya (2021) Penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Projects (MMP) berbantuan Geogebra untuk meningkatkan kemampuan Spasial Peserta Didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adetya Rahmadhani_D74216037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan sintaks dan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan berbantuan geogebra. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project, serta untuk meningkatkan kemampuan spasial peserta didik setelah melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif yang di desain dengan pola One Shout Case Study. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-A MTsN 4 Sidoarjo semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 35 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan sintaks, aktivitas peserta didik, lembar angket respon peserta didik, dan lembar tes kemampuan spasial peserta didik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dan selanjutnya disimpulkan secara deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa 1) keterlaksanaan sintaks selama proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project termasuk dalam kategori baik, dengan rata-rata 3,43. 2) aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung tergolong aktif dengan memperoleh persentase sebesar 97,8%. 3) respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project menunjukkan pada kriteria positif dengan perolehan nilai rata-rata respon positif sebesar 81,75% dan respon pernyataan negatif sebesar 29,97%. 4) hasil peningkatan kemampuan spasial setelah dilakukan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project menunjukkan peningkatan sebesar 2,29% yakni dari 57,77% menjadi 60,05% dan termasuk dalam kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmadhani, Adetyaadetyarahnadani123@gmail.comD74216037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Missouri Mathematics Project; geogebra; kemampuan Spasial Peserta Didik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Adetya Rahmadhani
Date Deposited: 24 Aug 2021 22:14
Last Modified: 24 Aug 2021 22:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49719

Actions (login required)

View Item View Item