Hubungan Arab Saudi dan Qatar pada Konflik di Kawasan Timur Tengah tahun 2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Muh Ghozali (2021) Hubungan Arab Saudi dan Qatar pada Konflik di Kawasan Timur Tengah tahun 2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh Ghozali Rahman_I02215005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Didalam penelitian ini menjelaskan megenai konflik yang terjadi antara Arab Saudi dan Qatar pada tahun 2017.Konflik tersebut berujung pada pemutusan hubungan diplomatik oleh Arab Saudi terhadap Qatar.Aliansi yang dilakukan oleh Qatar dengan Iran mempengaruhi sikap yang diambil oleh Arab Saudi.Teori Balance of power dari tulisan Kennetz Waltz.Balance of power adalah suatu kondisi dimana negara ingin mempertahankan stabilitas sistem yang sudah ada( dalam sistem Anarki) tanpa merusak setiap unit negara dalam sistem internasional.Penulis menarik hasil dari penelitian ini yakni ditemukannya ancaman stabilitas ekonomi politik dan kepentingan nasional Arab Saudi atas aliansi yang dilakukan oleh Qatar dengan Iran.Didalam konflik yang terjadi, Qatar mempererat hubungan negaranya dengan Iran khususnya dalam ranah produksi sumber daya alam minyak dan gas LNG.Kerjasama LNG tersebut sukses sehingga dianggap sebagai sebuah ancaman bagi stabilitas perdagangan minyak Arab Saudi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Muh Ghozalizaligho95@gmail.comI02215005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Zakyzakyismail@uinsby.ac.id2030128201
Subjects: Negara
Keywords: Hubungan bilateral; Arab Saudi; Qatar; Balance of Power; konflik Arab 2017; Konflik Timur Tengah; Kawasan Timur Tengah.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Muhammad Ghozali Rahman
Date Deposited: 19 Aug 2021 22:36
Last Modified: 19 Aug 2021 22:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49726

Actions (login required)

View Item View Item