أنواع الخبر واستخدامه في كتاب عقيدة العوام (دراسة نحوية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nihayati, Aim Matun (2021) أنواع الخبر واستخدامه في كتاب عقيدة العوام (دراسة نحوية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aim Matun Nihayati_A91217095.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji kitab Aqidatul Awwam dari segi Nahwu, yaitu khabar dan macam-macamnya. Mengenai ketersinambungan antara ilmu nahwu terhadap kitab-kitab berbahasa Arab, sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang susunan kalimat seperti, Mubtada’ khabar, fi’il fail maful atau dhamir-dhamir yang kembali pada fi’il, naat manut, dan yang lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara meneliti isi teks kitab kemudian mendeskripsikan dan mengklasifikasikan serta menjelaskan macam-macamnya Khabar yang terdapat dalam kitab Aqidatul Awwam. Adapun hasil dari penelitian yang di lakukan oleh peneliti, yaitu Khabar dalam Kitab Aqidatul Awwam ada 68 khabar, sedangkan macam-macam khabar yang terdapat dalam kitab Aqidatul Awwam yaitu Khabar Mufrad Musytaq sebanyak 13, Khabar Mufrad Jamid sebanyak 26, Khabar Jumlah Ismiyah sebanyak 1, Khabar Jumlah Fi’liyah sebanyak 9, Khabar Syibhul Jumlah 19. Sedangkan penggunaan Khabar dalam kitab Aqidatul Awwam yaitu Dzikru, Taqdim al Khabar, Jumlah Ismiyah, Jumlah Fi’liyah, Syibhul Jumlah dan at Tankir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nihayati, Aim MatunA91217095@uinsby.ac.idA91217095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorsodikin, sodikinsodikinalwi@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan > Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Khabar; Kitab Aqidatul Awwam.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Aim Matun Nihayati
Date Deposited: 22 Aug 2021 06:48
Last Modified: 22 Aug 2021 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49731

Actions (login required)

View Item View Item