Relevansi pendidikan akhlak dalam kitab ta'lim muta'allim dengan akhlak siswa kelas X MA. Islamiyah Candi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustaniroh, Lilik (2021) Relevansi pendidikan akhlak dalam kitab ta'lim muta'allim dengan akhlak siswa kelas X MA. Islamiyah Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilik Mustaniroh_D91217106.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pendidikan akhlak dalam kitab ta’lim muta’allim di MA. Islamiyah Candi Sidoarjo; 2) akhlak siswa kelas X MA. Islamiyah Candi Sidoarjo; 3) relevansi pendidikan akhlak dalam kitab ta’lim muta’allim dengan akhlak siswa kelas X MA. Islamiyah Candi Sidoarjo. Penelitian pada skripsi ini berjenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Obyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MA. Islamiyah Candi Sidoarjo tahun pelajaran 2020 – 2021. Pada penelitian ini menggunakan sampel total/sensus yang mengambil anggota sampel dari populasi secara menyeluruh karena jumlah populasi dibawah 100 yaitu 95 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, menyebar angket dengan skala likert melalui google form, dan dokumentasi. Analisis data dilanjutkan dengan analisis korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan akhlak dalam kitab ta’lim muta’allim di kelas X MA. Islamiyah Candi Sidoarjo berkategori sangat baik diperkuathasil analisis rata-rata angket sebesar 84% dengan 68% responden berada pada kategori sangat baik; 2) Akhlak siswa kelas X MA. Islamiyah Candi Sidoarjo berada pada kategori sangat baik didukung hasil skor analisis rata-rata angket sebesar 84% dengan 66% responden berada pada kategori sangat baik; 3)Ada relevansi pendidikan akhlak dalam kitab ta’lim muta’allim dengan akhlak siswa kelas X MA. Islamiyah Candi Sidoarjo yang sangat kuat dibuktikan dengan rhitung product moment sebesar 0,801.Pada taraf signifikansi 1% dan 5% angka rhitung > rtabel sehingga hipotesis alternatif yang menunjukkan ada relevansi pendidikan akhlak dalam kitab ta’lim muta’allim dengan akhlak siswa kelas X MA. Islamiyah Candi Sidoarjo diterima dan hipotesis nol ditolak. Pendidikan akhlak dalam kitab ta’lim muta’allim pada analisis koefisien determinasi memberikan pengaruh sebesar 64,2% terhadap akhlak siswa kelas X MA. Islamiyah Candi Sidoarjo. Persamaan regresi pada kedua variabel didapatkan hasil Y=4,208+0,874X.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustaniroh, Liliklilikmustaniroh2@gmail.comD91217106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Akhlak
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan Akhlak; Kitab Ta’lim Muta’allim; Akhlak Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lilik Mustaniroh
Date Deposited: 20 Aug 2021 07:41
Last Modified: 20 Aug 2021 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49740

Actions (login required)

View Item View Item