Kecemasan pada Wanita Overweight: studi fenomenologi terhadap Wanita Overweight

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khijaroh, Ainul (2021) Kecemasan pada Wanita Overweight: studi fenomenologi terhadap Wanita Overweight. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainul Khijaroh_J71216048.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecemasan adalah perasaan tidak nyaman terhadap keadaan atau situasi tertentu yang mengancam sehingga menyebabkan kegelisahan pada suatu hal buruk yang belum pasti akan terjadi. Kecemasan dalam diri seseorang dapat diketahui melalu gejala dan jenis kecemasan yang ada. Terbentuknya kecemasan pada tidak terlepas dari pengaruh beberapa faktor yang mendukung terbentuknya kecemasan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan gambaran kecemasan pada wanita overweight terhadap kesehatannya dan mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan adanya kecemasan pada wanita overweight. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara pada subjek penelitian yang terdiri dari informan dan siginificant other. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 informan utama yang berjenis kelamin perempuan, usia dewasa madya, memiliki berat badan berlebih (overweight). Hasil penelitian menunjukkan terdapat gejala fisik, gejala behavior dan gejala kognitif dari 3 gejala kecemasan, jenis kecemasan yang dialami oleh 3 informan yakni terdapat 1 informan yang mengalami kecemasan realistik dan 2 informan mengalami kecemasan neurosis yang disebabkan oleh faktor pengalaman negatif masa lalu dan pikiran yang tidak rasional.
Kata kunci : Kecemasan, wanita overweight

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khijaroh, Ainultwidaainul@gmail.comJ71216048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsiyah, Siti Nurnurays72@yahoo.co.id2027097201
Subjects: Wanita
Keywords: Kecemasan; Wanita Overweight.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Kesehatan
Depositing User: Ainul Khijaroh
Date Deposited: 21 Aug 2021 00:32
Last Modified: 21 Aug 2021 00:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49750

Actions (login required)

View Item View Item