Sejarah perkembangan pondok Pesantren Tanwirul Afkar Tempel Krian sidoarjo tahun 1999-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Ahmad Zainur (2021) Sejarah perkembangan pondok Pesantren Tanwirul Afkar Tempel Krian sidoarjo tahun 1999-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Zainur Rohman_A02216003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian (historis) sejarah dengan langkah-langkah Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis. Dengan pendekatan historis ini, maka penulis dapat menjelaskan secara rinci tentang sejarah perkembangan Pondok Pesantren Tanwirul Afkar Tempel Krian Sidoarjo pada tahun 1999 sampai 2019. Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori gerak sejarah oleh Ibnu Khaldun, Challenge and Respons oleh Arnold J. Toynbee, dan teori kepemimpinan oleh Stephen P. Robbins.Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) KH. Achmad Zamzuri lahir di desa Tempel 7 Juli 1977, beliau merupakan anak pertama dari empat bersaudara. Semasa kecil gus Achzam memiliki ketertarikan ilmu agama khususnya ilmu tasawuf. Dan juga mempelajari ilmu-ilmu umum dari tingkat dasar sampai jenjang perguruan tinggi. (2) Pondok Pesantren Tanwirul Afkar didirikan oleh KH. Achmad Zamzuri pada tahun 1999 di Desa Tempel Krian Sidoarjo. (3) Pondok Pesantren Tanwirul Afkar mengalami perkembangan sarana seperti masjid, penambahan gedung/asrama putra dan putri, penambahan gedung sekolah. Tidak hanya perkembangan berupa sarana, Pondok Pesantren juga mengalami perkembangan berupa lembaga pendidikan formal yakni SMP Islam TanwirulAfkar, SMK Islam Tanwirul Afkar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Ahmad Zainurzainahmad3057@gmail.comA02216003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, M.--2017075901
Subjects: Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Santri
Keywords: Sejarah dan Perkembangan; Pondok Pesantren Tanwirul Afkar.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ahmad Zainur Rohman
Date Deposited: 14 Nov 2021 21:42
Last Modified: 14 Nov 2021 21:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49757

Actions (login required)

View Item View Item