Hubungan antara penyesuaian pernikahan dan religiusitas dengan kepuasan pernikahan pada suami/istri yang tinggal di rumah mertua di Kabupaten Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhirah, Ainun (2021) Hubungan antara penyesuaian pernikahan dan religiusitas dengan kepuasan pernikahan pada suami/istri yang tinggal di rumah mertua di Kabupaten Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainun Nadhirah_J71217053.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian pernikahan dan religiusitas dengan kepuasan pernikahan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala kepuasan pernikahan, penyesuaian pernikahan, dan religiusitas. Subjek penelitian berjumlah 90 orang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel accidental sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 20 for windows. Pada pengujian hubungan parsial ditemukan adanya hubungan positif antara penyesuaian pernikahan dan kepuasan pernikahan dengan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien regresi senilai 0,352. Selain itu ditemukan pula adanya hubungan positif antara religiusitas dengan kepuasan pernikahan dengan nilai signifikansi 0,033 dengan koefisien regresi sebesar 0,161. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penyesuaian pernikahan dan religiusitas dengan kepuasan pernikahan dari nilai signifikansi sebesar 0,000 dan sumbangan efektif sebesar 45,2%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhirah, Ainunainunnadhira32@gmail.comJ71217053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotimah, Siti Khorriyatulkhotim_psi@yahoo.com2016117701
Subjects: Psikologi > Keluarga
Perkawinan
Keywords: penyesuaian pernikahan; religiusitas; kepuasan pernikahan.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ainun Nadhirah
Date Deposited: 22 Aug 2021 06:50
Last Modified: 22 Aug 2021 06:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49759

Actions (login required)

View Item View Item