Analisis penutupan lahan menggunakan google earth engine (GEE) dengan metode klasifikasi terbimbing: studi kasus wilayah pesisir Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikri, Ahmad Syamsurizal (2021) Analisis penutupan lahan menggunakan google earth engine (GEE) dengan metode klasifikasi terbimbing: studi kasus wilayah pesisir Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Syamsurizal Fikri_H04217001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kawasan pesisir kabupaten merupakan kawasan prioritas pembangunan industri serta menjadi salah satu kawasan minapolitan di indonesia. dari adanya rencana pengembangan di kawasan pesisir kabupaten lamongan, maka akan mempengaruhi penggunaan lahan dari tahun ke tahun seiring berkembangnya industri di wilayah tersebut. Oleh sebab itu pentingya dilakukannya penelitian mengenai evaluasi penutupan lahan yang ada di wilayah pesisir kabupaten lamongan guna untuk mengetahui dampak dari rencana tata ruang wilayah kabupaten lamongan. Salah satu metode untuk pemantauan data perubahan penutupan lahan yaitu menggunakan metode penginderaan jauh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan klasifikasi terbimbing dengan algoritma Classification and Regression Trees (CART) yang dijalankan melalui google earth engine. Tren perubahan penutupan lahan yang mengalami kenaikan pada rentang tahun 1990 hingga 2020 adalah kelas pemukiman, tambak, pertambangan, dan pelabuhan. Tren perubahan penutupan lahan yang mengalami penurunan pada rentang tahun 1990 hingga 2020 adalah kelas hutan tanaman, pertanian lahan kering, pertanian lahan kering campur semak, Hutan mangrove sekunder, sawah, dan kelas awan. pemanfaatan lahan pada tahun 2015 hingga 2020 mengalami penambahan 2 kelas yaitu kelas pertambangan dan kelas pelabuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikri, Ahmad SyamsurizalH04217001@uinsby.ac.idH04217001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiawan, Fajarfajar_404@yahoo.com2006058402
Thesis advisorViolando, Wiga Alifwiga.alif@uinsby.ac.id199203292019031012
Subjects: Kebijakan Publik
Lingkungan Hidup
Teknologi
Keywords: Kawasan Pesisir; Penutupan Lahan; Google Earth Engine; Algoritma CART; Sistem informasi geografis.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Ahmad Syamsurizal Fikri
Date Deposited: 22 Aug 2021 06:17
Last Modified: 22 Aug 2021 06:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49773

Actions (login required)

View Item View Item