Relevansi konsep ketenangan hati al-Muhasibi dan kebutuhan hierarki manusia Abraham Maslow

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mansyur, Nur Aida (2021) Relevansi konsep ketenangan hati al-Muhasibi dan kebutuhan hierarki manusia Abraham Maslow. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aida Mansyur_E97217038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini memiliki kajian mengenai bagaimana relevansi konsep ketenangan hati gagasan al-Muhasibi dan konsep kebutuhan hierarki yang digagas oleh Abrham Maslow. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandangan masing-masing tokoh dalam meningkatkan hidup dan mencegah kegelisahan hidup dengan spiritualitas. Tujuannya melihat mengenai masing-masing gagasan yang kemudian menelisik mengenai keterkaitan diantara keduanya. Konsep al-Muhasibi ini adalah konsep pembahasan mengenai cara yang dapat ditempuh oleh manusia untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan fokus strateginya adalah kehidupan ukhrawi dan berdampak ke kehidupan duniawi. Adapun konsep Abraham Maslow mengenai teori kebutuhan hierarki adalah tingkatan kebutuhan-kebutuhan manusia berdasarkan pencapaian psikologis dan potensinya.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan studi literatur (literature review / library research) sebagai teknik pelaksanaan. Adapun sumber-sumber primer data lebih banyak didapat dalam e-book dan juga buku-buku yang sesuai dengan variabel penelitian, sumber-sumber sekunder diambil sebagian besar dari artikel jurnal dan e-book. Langkah-langkah pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan melakukan pencarian kata kunci, selanjutnya dengan melakukan seleksi sesuai variabel penelitian, dilanjutkan dengan mencatat isi yang akan digunakan dan terakhir menyusun penelitian. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan tekahir adalah kesimpulan atau verifikasi data yang dilakukan dengan meningkatkan ketekunan.Penelitian skripsi ini memiliki data-data yang meliputi apa dan bagaimana metode ketenangan hati yang ditawarkan oleh al-Muhasibi, apa saja dan penjelasan mengenai konsep kebutuhan hierarki yang dipelopori oleh Abraham Maslow, dan terakhir adalah bagaimana relevansi kedua gagasan yang juga sebagai inti pembahasan skripsi ini. Adapun temuan dan kesimpulan dari penelitian ini adalah, kedua gagasan memiliki keterkaitan diantaranya adalah pemanfaatan potensi manusia, nilai luhur yang diperoleh dan juga mengenai dampak positif yang dirasakan yang berupa pentingnya spiritualitas, dampak psikologis yang kokoh; serta kebahagian dan kedamian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mansyur, Nur Aidaaidamansyur@gmail.comE97217038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.com20207906
Subjects: Psikologi
Tasawuf
Keywords: Ketenangan Hati; Al-Muhasibi; Kebutuhan Hierarki; Abraham Maslow.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nur Aida Mansyur
Date Deposited: 05 Oct 2021 13:38
Last Modified: 05 Oct 2021 13:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49776

Actions (login required)

View Item View Item