Analisa tingkat pelayanan kapal penumpang KMP Gili Iyang (Kapal Ferry) Trayek Paciran – Bawean Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathullah, Ahmad (2021) Analisa tingkat pelayanan kapal penumpang KMP Gili Iyang (Kapal Ferry) Trayek Paciran – Bawean Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Fathullah_H04216002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Transportasi laut merupakan salah satu alat transportasi yang sangat penting dalam hal menunjang perekonomian dan pembangunan suatu bangsa. Kapal Roro Gili Iyang merupakan kapal milik PT. ASDP yaitu salah satu badan usaha milik negara (BUMN). Kapal ini merupakan kapal penumpang jenis ferry yang menghubungkan Paciran – Bawean dan sebaliknya. Namun masih saja ditemukan keresahan konsumen terhadap pelayanan jasa angkutan transportasi laut yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas dan tingkat kepuasan para penumpang terhadap pelayanan kapal penumpang KMP Roro Gili Iyang trayek Paciran – Bawean. Tujuan yang lainnya ialah untuk mengetahui faktor – faktor yang menjadi prioritas dalam meningkatkan kinerja pelayanan terhadap tingkat kepuasan penumpang kapal. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan kuesioner dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data dilakukan dengan metode pengukuran skala Likert dan metode analisa IPA (Important and Performance Analysis). Data yang digunakan data valid dan reliabel. Hasil penelitian tentang kualitas pelayanan Kapal KMP Roro Gili Iyang yakni ditinjau dari aspek keselamatan, aspek keamanan, aspek kenyamanan, aspek keterjangkauan, dan aspek kesetaraan ialah kualitas sangat baik. Tingkat kepuasan berdasarkan hasil olah data menunjukkan hasil sebesar 86,57% hal ini menunjukkan para penumpang merasa cukup puas dari pelayanan kapal tersebut, namun masih perlu ditingkatkan lagi kinerjanya. Faktor-faktor yang menjadi prioritas dalam kinerja pelayanan ialah CCTV, AC, fasilitas toilet dan tingkat kebersihan dalam kapal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathullah, Ahmadahmadfathul19@gmail.comH04216002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma18@gmai;.com2018118102
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Important and Performance Analysis; Tingkat Pelayanan Kapal; KMP Gili Iyang.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Ahmad Fathullah
Date Deposited: 22 Aug 2021 06:11
Last Modified: 22 Aug 2021 06:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49779

Actions (login required)

View Item View Item