Keindahan lafadz dan ma’na dalam kitab Aqidatul Awam karya Syeikh Ahmad Marzuki

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Annafsia, Sabilillah (2021) Keindahan lafadz dan ma’na dalam kitab Aqidatul Awam karya Syeikh Ahmad Marzuki. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sabilillah Annafsia_A91217135.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sastra dalam bahasa arab ialah “al adab” yang memiliki arti berhias diri dengan akhlak yang luhur seperti jujur amanah dsb. Secara khusus al adab berarti perkataan yang indah dan jelas, di maksudkan untuk menyentuh jiwa mereka yang mengucapkan atau mendengarkannya baik berupa syiir maupun natsar atau prosa. Di dalamnya menggunakan bahasa yang indah serta terkandung makna yang dalam. Berdasarkan hal itu, pada kajian kali ini, objek dalam penelitian ini menggunakan kitab aqidatul awam karya syeikh besar bernama ahmad marzuki berisi tentang syiir-syiir ketauhidan. Penulis menggunakan salah satu dari kajian ilmu badi’ yaitu melihat dari segi keindahan lafad dan ma’na suatu kalimat sebagai pendekatan dalam membahas "Muhassinat al lafdziyah wal maknawiyah fi kitab aqidatul awami lisyeikh ahmad marzuki". Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yakni prosedur pemecahan masalah yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menganalisis. Adapun tahap penelitian adalah membaca dan memahami konsep-konsep atau teori yang berkaitan dengan muhassinat lafdhiyah dan muhassinat ma’nawiyah, mengumpulkan data berdasarkan referensi yang berhubungan dengan bahasan peneliti dan menyusun hasil penelitian secara sistematis yang akan disajikan dalam bentuk skripsi. Setelah melakukan pengkajian dalam kitab “Aqidatul Awam” peneliti menemukan 74 data dari keindahan lafadz, yang mana 9 data dari Jinas, 57 data dari Sajak dan 6 data dari Iqtibas. Dan juga dari 2 data dari keindahan ma’na yaitu Thibaq.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Annafsia, Sabilillahkhaurasalsabila75@gmail.comA91217135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKharisudin, Kharisudinkharisuddinaqib@yahoo.co.id2017076802
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Bahasa Arab
Keywords: Kitab Aqidatul Awam; Syeikh Ahmad Marzuki; Muhassinat Lafdziyah; Muhassinat Maknawiyah.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Sabilillah Annafsia
Date Deposited: 22 Aug 2021 23:20
Last Modified: 22 Aug 2021 23:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49784

Actions (login required)

View Item View Item