Strategi pemberdayaan sumber daya manusia dalam mengembangkan program Unggulan Madrasah di MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hazwani, Fairuz Bilah Izzah (2021) Strategi pemberdayaan sumber daya manusia dalam mengembangkan program Unggulan Madrasah di MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fairuz Bilah Izzah Hazwani_D93217052.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sumberdaya manusia yang bagus namun kurang diberdayakan, mempunyai program bagus namun tidak mempunyai sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan pada bidangnya, urgensi program unggulan yang berhenti ditengah jalan sehingga hal ini menjadi permasalahan dalam pendidikan. Untuk itu diperlukan strategi pemberdayaan SDM dalam mengembangkan program unggulan madrasah. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemberdayaan sumber daya manusia dan pengembangan program unggulan madrasah di MTs Nurul Huda Sedati Kabupaten Sidoarjo. Jenis dari penelitian ini adalah kualitatif. Informan penelitian ini adalah Kepala Madrasah MTs Nurul Huda Sedati Kabupaten Sidoarjo sebagai informan kunci dan Waka Kurikulum, Tim Pengembang Program Unggulan, serta Direktur Yayasan. Obyek penelitian ini adalah strategi pemberdayaan sumber daya manusia dalam mengembangkan program unggulan madrasah. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) strategi pemberdayaan SDM di MTs. Nurul Huda Sedati melului proses: menentukan kebutuhan SDM, memilih SDM untuk diberdayakan, membuat konfigurasi dan aturan yang jelas, melaksanakan pelatihan, bimbingan ataupun workshop, serta memberikan dorongan dan motivasi untuk selalu berkembang. (2) pengembangan program unggulan di MTs. Nurul Huda Sedati adalah pengembangan sebuah program yang diarahkan pada visi misi serta tujuan madrasah, direncanakan secara sistematis dan dievaluasi secara yang dilaksanakan melalui perencanaan pengembangan program unggulan madrasah, pengorganisasian dalam mengembangkan program unggulan madrasah, pelaksanaan pengembangan program unggulan madrasah, serta pengevaluasian pengembangan program unggulan madrasah. (3) Strategi pemberdayaan SDM dalam mengembangkan program unggulan madrasah di MTs Nurul Huda adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi yang dilaksanakan dengan sistematis, dan selaras dengan visi, misi, dan tujuan lembaga terhadap sumber daya manusia yang tersedia, agar mampu memberikan pelayanan serta performa terbaik dalam menjalankan program program unggulan yang diberikan kepada peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hazwani, Fairuz Bilah Izzahfairuzhazwani0@gmail.comD93217052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Sumber Daya Manusia
Keywords: Strategi; Pemberdayaan sumber daya manusia; Pengembangan; Program unggulan madrasah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fairuz Bilah Izzah Hazwani
Date Deposited: 22 Aug 2021 06:53
Last Modified: 22 Aug 2021 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49785

Actions (login required)

View Item View Item