Hate Speech: narasi ujaran kebencian Nikita Mirzani versus Habib Rizieq Shihab dalam perspektif tindakan komunikatif Jurgen Habermas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, M. Debi Perdana (2021) Hate Speech: narasi ujaran kebencian Nikita Mirzani versus Habib Rizieq Shihab dalam perspektif tindakan komunikatif Jurgen Habermas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Debi Perdana Putra_E91217085.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang ujaran kebencian Nikita Mirzani versus Habib Rizieq Shihab dengan pihaknya yang beredar di media sosial. Berawal dari ujaran kebencian Nikita Mirzani pada live Instagramnya yang mengatakan “Habib itu tukang obat” kemudian viral di media sosial. Perkataan Nikita Mirzani ini dinilai sebagai ujaran kebencian dan hinaan yang kemudian dilaporkan kepada kepolisian oleh Forum Masyarakat Pecinta Ulama. Laporan tersebut berdasarkan surat edaran Kapolri nomor SE/6/X/2015 yang menjelaskan mengenai ujaran kebencian. Kemudian tidak lama Habib Rizieq Shibab juga ikut merespons perkataan Nikita Mirzani yang bertepatan dengan acara maulid nabi Muhammad SAW di Petamburan Jakarta. Respons Habib Rizieq Shihab juga sempat viral karena mengatakan dengan kalimat sindiran bahwa “ada lonte hina Habib” dan pihak Habib Rizieq Shihab yang berkomentar menonjol yaitu ustaz Maaher At-Thuwailibi juga menyuruh Nikita untuk meminta maaf kepada Habib Rizieq Shihab tetapi dengan bahasa yang kasar. Fokus permasalahan dalam penelitian ini yaitu pertama, bagaimana narasi ujaran kebencian Nikita Mirzani dan Habib Rizieq Shihab dengan pihaknya. Kedua, bagaimana narasi ujaran kebencian Nikita Mirzani dan Habib Rizieq Shihab dengan pihaknya dalam perspektif tindakan komunikatif Jurgen Habermas. Untuk menjawab ini penulis menggunakan pendekatan library research yang bersifat analisis-deskriptif. Apabila dilihat dari perspektif teori tindakan komunikatif Jurgen Habermas, bahwa perkataan antara Nikita Mirzani dan Habib Rizieq Shihab dengan pihaknya tidak memenuhi salah satu dari empat klaim kebenaran yang menjadi persyaratan tercapainya tindakan rasional komunikatif dan tidak mencapai pemahaman (konsensus).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, M. Debi Perdanaputraaa313@gmail.comE91217085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choiril--2027036302
Subjects: Filsafat
Komunikasi
Keywords: Nikita Mirzani; Habib Rizieq Shihab; dan ujaran kebencian.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: M. Debi Perdana Putra
Date Deposited: 23 Aug 2021 22:48
Last Modified: 23 Aug 2021 22:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49793

Actions (login required)

View Item View Item