Hubungan antara tipe kepribadian dan dukungan sosial dengan Homesickness pada mahasiswa rantau

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Sheilla Khairunnisa Rahardi (2021) Hubungan antara tipe kepribadian dan dukungan sosial dengan Homesickness pada mahasiswa rantau. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sheilla Khairunnisa Rahardi Putri_J01216039.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tipe kepribadian dan dukungan sosial dengan homesickness pada mahasiswa rantau. Penelitian ini dilakukan di UIN Sunan Ampel Surabaya. Subjek penelitian berjumlah 104 mahasiswa perantau. Adapun peneliti mengunakan penelitian kuantitatif kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik pengumpulan sata berupa skala Utrecht Homesickness Scale (UHS), Extrovert and Introvert Personality Inventory (IPEI) dan Interpersonal Support Evaluation List (ISEL), metode pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan yang bersifat negatif antara tipe kepribadian dengan homesickness mahasiswa rantau (p=0,154, t= 1,437). Sementara itu, terdapat hubungan positif pada dukungan sosial (p=0.003, t=-1.035) dan terdapat hubungan signifikan antara tipe kepribadian dan dukungan sosial dengan homesickness pada mahasiswa rantau (p=0,033, f=4.113).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Sheilla Khairunnisa Rahardisheillaputri089@gmail.comJ01216039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatintaskforcenaila9@gmail.com2012067403
Subjects: Kepribadian
Organisasi Mahasiswa
Psikologi Sosial
Keywords: tipe kepribadian; dukungan sosial; homesickness mahasiswa rantau.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Sheilla Khairunnisa Putri
Date Deposited: 23 Aug 2021 22:51
Last Modified: 23 Aug 2021 22:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49798

Actions (login required)

View Item View Item