Pengelolaan dana Bantuan Operasional Pendidikan dalam penyelenggaraan pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hindahsari, Fitria (2021) Pengelolaan dana Bantuan Operasional Pendidikan dalam penyelenggaraan pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitria Hindahsari_D93217055.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sering timbulnya permasalahan pengelolaan dana BOP di instansi pemerintah, sehingga menyebabkan terhambatnya penyaluran dana BOP yang kemudian berdampak pada penurunan kualitas layanan di instansi tersebut. Berbeda dengan penyaluran dana BOP di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto di mana dana BOP dapat tersalurkan dengan optimal. Penyaluran dana BOP yang optimal karena didukung dengan pengelolaan dana BOP yang baik, sehingga berdampak pada peningkatan kualitas layanan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan dana BOP, mendeskripsikan dan menganalisis kualitas layanan, dan mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan dana BOP dalam meningkatkan kualitas layanan di Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif . Teknik pengambilan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dengan menggunakan teknik analisis tematik yang dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu memahami data, menyusun kode, dan menentukan tema. Adapun keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber Hasil penelitian penelitian menunjukan bahwa (1) Pengelolaan dana BOP dilakukan melalui tiga tahap yaitu perencanaan anggaran, pelaksanaan, dan evaluasi. Penyaluran dana BOP di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto sesuai dengan Petunjuk Teknis Pengelolaan BOP. (2) Layanan penyaluran dana BOP dilakukan dengan tepat, cepat, tanggap, ramah, jujur, mementingkan kepentingan masyarakat, dan didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. (3) Pengelolaan dana BOP sebagai upaya yang upaya untuk menciptakan pelayanan penyaluran dana BOP yang berkualitas dengan menerapkan asas transparansi, akuntabilitas, kesamaan hak, dan keseimbangan hak dan kewajiban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hindahsari, Fitriahindahsarif@gmail.comD93217055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Pengelolaan; Bantuan Operasional Pendidikan; Pelayanan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fitria Hindahsari
Date Deposited: 23 Aug 2021 22:44
Last Modified: 23 Aug 2021 22:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49803

Actions (login required)

View Item View Item