Meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan bermain menggunakan media plastisin di kelompok A taman kanak-kanak az-zahro Tambak Sumur Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarokah, silvia (2021) Meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan bermain menggunakan media plastisin di kelompok A taman kanak-kanak az-zahro Tambak Sumur Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvia Mubarokah_D78214037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan motorik halus siswa. Hal ini dapat dilihat ketika siswa mengerjakan tugas keterampilan yang membutuhkan koordinasi gerak tangan masih banyak siswa yang memerlukan bantuan. Kurangnya kemampuan motorik halus siswa dibuktikan dengan hasil mengerjakan keterampilan siswa bermain menggunakan media plastisin belum mencapai standar penilaian kemampuan motorik halus siswa yaitu BSH (Berkembang Sesuai Haarapan). Selain itu ketersesiaan media pembelajaran yang minim juga menjadi faktor rendahnya kemampuan motorik siswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Tanggart terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok A TK Az-zahro Tambak Sumur yang terdiri dari 9 siswa. Dan terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi, Hasil penelitian penggunaan media plastisin dalam meningkatkan kemampuan motorik halus siswa berjalan dengan baik pada siklus II. Hal ini terlihat pada aktivitas siswa yang antusias dalam kegiatan pembelajaran menggunakan media plastisin. Kemudian kemampuan motorik halus siswa mengalami peningkatan nilai setelah menggunakan media plastisin pada siklus II sebesar 88,89%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarokah, silviasilvimubarak@gmail.comD78214037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto--197311162007101001
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Kemampuan Motorik: Bermain; Media Plastisin.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: silvia mubarokah
Date Deposited: 23 Aug 2021 22:58
Last Modified: 23 Aug 2021 22:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49806

Actions (login required)

View Item View Item