Peran pelaksanaan program Tahfidz al-Qur'an dalam meningkatkan perilaku religius siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kirom, Moch. Faiq Ashlihil (2021) Peran pelaksanaan program Tahfidz al-Qur'an dalam meningkatkan perilaku religius siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Faiq Ashlihil Kirom_D91216062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seorang yang menghafal Al-Qur’an haruslah menjaga perilaku nya dari hal yang dilarang oleh agama akan tetapi manusia tetaplah mahluk hidup yang menjadi tempatnya salah dan lupa. Jika demikian salah satu cara untuk meningkatkan perilaku religius adalah menghafal al-Qur’an karena al-Qur’an adalah kitab suci umat islam dan seseorang yang mengahafal al-Qur’an diwajibkan untuk mempunyai akhlaq yang terpuji. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan pertanyaan dalam rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an yang ada di MA Ma’arif NU Assa’adah? (2) Bagaimana perilaku religius siswa sebelum dan sesudah mengikuti program tahfidz al-Qur’an? (3) Bagaimana peran program tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan perilaku religius siswa MA Ma’arif NU Assa’adah? Penelitian yang digunakan penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di MA Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik dengan memaparkan kegiatan program tahfidz al-Qur’an yang ada di lembaga tersebut kemudian menganalisis dampak program tersebut dalam perilaku religius siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa program tahfidz al-Qur’an dapat meningkatkan perilaku religius siswa bukan hanya meningkatkan bahkan program tahfidz tersebut dapat mengubah sikap siswa menjadi lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kirom, Moch. Faiq Ashlihilfaiqtuban97@gmail.comD91216062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, M.abuasimazz@yahoo.com2015045701
Thesis advisorSyamsuddin, Syamsuddinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Peran; Tahfidz al-Qur’an; Perilaku Religius.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moch. Faiq Ashlihil Kirom
Date Deposited: 24 Aug 2021 22:44
Last Modified: 24 Aug 2021 22:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49814

Actions (login required)

View Item View Item