Biografi dan peran Budhy Munawar Rachman dalam menyebarkan Islam progresif di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subagiyo, Wiji (2020) Biografi dan peran Budhy Munawar Rachman dalam menyebarkan Islam progresif di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wiji Subagiyo_A92216159.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah. Dan dalam penelitian skripsi ini menggunakan teori peran Ralph Turner, yang bertujuan untuk menjelaskan tentang peran Budhy Munawar Rachman dalam menyebarkan Islam Progresif di Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Budhy Munawar Rachman adalah seorang intelektual Islam Progresif yang lahir di Bojonergoro pada tanggal 26 Juni 1963, menempuh pendidikan sekolah dasar hingga kuliah di Jakarta dan juga sebagai seorang intelektual Islam Progresif dan juga menjadi seorang penulis dengan lebih dari 50 karya buku, (2) peran Budhy Munawar Rachman dalam Menyebarkan Islam Progresif di Indonesia dilakukan dengan dua cara, pertama mendirikan lembaga Nurcholish Madjid Society dan dengan menjadi seorang penulis buku yang di dalamnya berfokus pada topik dan pembahasan tentang Islam progresif yang terhubung dengan wacana sekularisme, liberalisme dan pluralisme, (3) dampak terhadap munculnya fatwa haram MUI terhadap sekularisme, liberalisme dan pluralisme adalah munculnya respon dari Budhy Munawar Rachman terhadap fatwa haram MUI tersebut dan juga munculnya gerakan dari kelompok Islam Progresif di Indonesia pada masa reformasi yaitu Maarif Institute, Lembaga Studi Agama dan Filsafat, Yayasan Paramadina yang juga merupakan respon terhadap keluarnya fatwa haram MUI tentang sekularisme, liberalisme, pluralisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subagiyo, Wijiwijisubagiyo04@gmail.comA92216159
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Abdulabdulazizmedan@yahoo.com2003015501
Subjects: Biografi
Islam dan Humanisme
Pemikiran
Keywords: Budhy Munawar Rachman; Islam Progresif.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: wiji subagiyo
Date Deposited: 24 Aug 2021 00:53
Last Modified: 24 Aug 2021 00:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49823

Actions (login required)

View Item View Item