Sejarah perjuangan dakwah Kh. Zainal Arifin dalam menyebarkan Islam Di Sumenep (1898-1953)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iskamar, Iskamar (2021) Sejarah perjuangan dakwah Kh. Zainal Arifin dalam menyebarkan Islam Di Sumenep (1898-1953). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iskamar_A02217018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan historis, politik, dan sosiologis denngan meminjam metode yang dirumuskan Kuntowijoyo meliputi; pemilihan topik, pengumpulan sumber, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Pendekatan dan metode tersebut digunakan untuk mengungkap fakta sejarah tentang perjuangan dakwah KH. Zainal Arifin di Sumenep (1898-1953). Sehubungan dengan itu, langkah awal dalam penelitian ini dimulai dengan mencari data sejarah yang berkaitan dengan topik yang hendak diteliti (pengumpulan sumber). Kemudian dilakukan pengujian keaslian data dari segi fisik maupun isi sehingga relevan digunakan dalam penelitian ini (verifikasi). Selanjutnya, dilakukan penafsiran terhadap data-data tersebut agar didapatkan fakta-fakta sejarah yang logis (interpretasi). Barulah proses penulisan dilakukan, yang berusaha menyampaikan sejarah berdasarkan data-data yang telah ditafsirkan sebelumnya (historiografi). Kesimpulan yang diambil dalam penelitian ini adalah; 1. Di masa KH. Zainal Arifin masyarakat Sumenep sedang dalam keadaan terjajah. Keadaan tersebut berdampak terhadap aspek-aspek kehidupan masyarakat setempat; mulai dari aspek pendidikan, sosial, ekonomi dan politik yang cenderung merugikan orang-orang pribumi. 2. KH. Zainal Arifin adalah putra bungsu Kiai Thalabuddin dengan Nyai Aisyah. Ia dilahirkan pada tahun 1877 M atau menurut tarikh Islam Jawa tahun 1293 H dan wafat pada tanggal 22 Muharram 1373 H atau 30 September 1953 M. Selain menyebarkan Islam, KH. Zainal Arifin juga mempelopori perjuangan rakyat pribumi mengusir penjajah dari bumi Sumenep. 3. Sebagai salah satu tokoh yang menyebarkan Islam di Sumenep, KH. Zainal Arifin telah berhasil menyebarkan Islam kepada masyarakat setempat. Dakwah yang dilakukan KH. Zainal Arifin tidak hanya lewat pendidikan semata, namun juga lewat politik dengan ikut serta dalam Sarekat Islam, menjadi mursyid tarekat Naqsyabandiyah dan ikut andil merintis berdirinya Nahdlatul Ulama di Sumenep. Berbagai aspek itulah, yang kemudian mendukung keberhasilan dakwah KH. Zainal Arifin dalam menyebarkan Islam di Sumenep.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iskamar, Iskamarisqomar076@gmail.comA02217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'la, Abd.abdalabs@gmail.com2005095701
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Dakwah > Dakwah - Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Kh. Zainal Arifin; Dakwah; Islam.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Iskamar Iskamar
Date Deposited: 24 Aug 2021 01:29
Last Modified: 24 Aug 2021 01:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49827

Actions (login required)

View Item View Item