Strategi marketing dan preferensi konsumen saat pandemi Covid 19 dalam perspektif Marketing Syariah; studi analisis pada Hisana Fried Chicken Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Siti (2021) Strategi marketing dan preferensi konsumen saat pandemi Covid 19 dalam perspektif Marketing Syariah; studi analisis pada Hisana Fried Chicken Driyorejo Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Mahmudah_ F02419144.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dengan adanya pandemi Covid 19 yang mulai mengancam dunia usaha khususnya waralaba. Pandemi Covid 19 juga mengakibatkan preferensi konsumen mengalami perubahan. Hisana Fried Chicken merupakan salah satu waralaba yang melakukan berbagai strategi saat pandemi Covid 19. Disamping itu, dilihat dari segi banyaknya konsumen jumlah konsumen mengalami peningkatan dibandingkan sebelum adanya pandemi Covid 19 tetapi pendapatan yang diperoleh mengalami penurunan. Hal tersebut membuat peneliti ingin meneliti lebih mendalam dalam karya ilmiah berupa tesis. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang (1) Bagaimana strategi marketing saat pandemi Covid 19 pada Hisana Fried Chicken di Driyorejo Gresik (2) Bagaimana preferensi konsumen Hisana Fried Chicken saat pandemi Covid 19 di Driyorejo Gresik (3) Bagaimana strategi marketing dan preferensi konsumen saat pandemi Covid 19 dalam perspektif marketing Syariah di Hisana Fried Chicken Driyorejo Gresik. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara dokumentasi, observasi dan wawancara kepada kepala toko Hisana Fried Chicken Driyorejo, pegawai Hisana Fried Chicken Driyorejo dan Konsumen Hisana Fried Chicken Driyorejo dan bagaimana menurut perspektif Marketing Syariah selanjutnya data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif analisis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan strategi yang diterapkan oleh Hisana Fried Chicken saat pandemi Covid 19 yakni memberikan berbagai promosi dan mengeluarkan produk baru dibandingkan sebelum adanya pandemi Covid 19 ternyata belum mampu meningkatkan pendapatan. Adanya produk yang tidak dipasarkan kepada konsumen tetapi tetap tercantum dalam daftar menu menjadi salah satu strategi yang diterapkan saat pandemi Covid 19. Dilihat dari perspektif marketing Syariah terdapat sikap tidak jujur sehingga kurang sesuai dengan karakter dan prinsip Marketing Syariah yakni Rabbaniyah, Akhlaqiyah, al-waqi’iyyah dan Insaniyah dan aturan Islam. Sedangkan preferensi konsumen Hisana Fried Chicken saat pandemi Covid 19 terjadi pembatasan pembelian jumlah produk oleh konsumen sehingga berakibat kepada penurunan pendapatan dan terjadi perubahan preferensi konsumen serta muncunya sikap berlebihan.sikap tersebut kurang sesuai dengan prinsip marketing Syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, Sitisitimahmudah1895@gmail.comF02419144
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah.azis@gmail.com2003077501
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Strategi Marketing; Preferensi Konsumen dan Marketing Syariah.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: siti mahmudah
Date Deposited: 24 Aug 2021 23:03
Last Modified: 24 Aug 2021 23:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49835

Actions (login required)

View Item View Item