Pengaruh pemeriksaan pajak, penegakan hukum, dan sosialisasi perpajakan terhadap Tax Evasion: studi empiris di KPP Madya Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Sindi (2021) Pengaruh pemeriksaan pajak, penegakan hukum, dan sosialisasi perpajakan terhadap Tax Evasion: studi empiris di KPP Madya Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sindi Anggraini_G02217023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemeriksaan pajak, penegakan hukum, dan sosialisasi perpajakan berpengaruh terhadap tax evasion di masa pandemi Covid-19. ​Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif (pendekatan asosiatif) dengan data primer berupa kuesioner yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada Wajib Pajak Badan di KPP Madya Surabaya. Teknik pemilihan sampel menggunakan accidental sampling dengan sampel yang diperoleh sebanyak 92 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 25 yang bertujuan untuk menguji pengaruh pengaruh pemeriksaan pajak, penegakan hukum, dan sosialisasi perpajakan terhadap tax evasion secara parsial dan simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel pemeriksaan pajak tidak berpengaruh terhadap tax evasion, penegakan hukum berpengaruh negatif signifikan terhadap tax evasion, serta sosialisasi perpajakan berpengaruh positif signifikan terhadap tax evasion. Sedangkan secara simultan variabel pemeriksaan pajak, penegakan hukum, dan sosialisasi perpajakan berpengaruh terhadap tax evasion. ​Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka diharapkan bagi Wajib Pajak Badan agar tetap memenuhi kewajiban membayar pajaknya di masa pandemi Covid-19 dan menghindari tindakan tax evasion dalam menjalankan kewajiban perpajakannya. Bagi KPP Madya Surabaya diharapkan agar tetap melakukan segala kegiatan baik pemeriksaan pajak, penegakan hukum, dan sosialisasi perpajakan dengan semaksimal mungkin dan sesuai dengan ketentuan umum perpajakan yang berlaku di masa pandemi Covid-19 ini, agar dapat meminimalisir terjadinya celah yang dapat dimanfaatkan oleh Wajib Pajak dalam meloloskan diri dari membayar pajak yang berakibat terjadinya tindakan tax evasion serta berdampak pada tidak tercapainya target realisasi penerimaan negara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, SindiSindianggraini40@gmail.comG02217023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAristantia, Selvia EkaSelviaekaaristantia@gmail.com199307302019032029
Subjects: Akuntansi
Pajak dan Perpajakan
Keywords: Pemeriksaan Pajak; Penegakan Hukum; Sosialisasi Perpajakan; Tax Evasion.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Sindi Anggraini
Date Deposited: 24 Aug 2021 03:08
Last Modified: 24 Aug 2021 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49839

Actions (login required)

View Item View Item