Multikultural pada Arsitektur Komplek Makam Mbah Mayang Madu pasca pemugaran Tahun 2015-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rif'ah, Shofiatur (2021) Multikultural pada Arsitektur Komplek Makam Mbah Mayang Madu pasca pemugaran Tahun 2015-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofiatur Rif'ah_A92217132.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekan sejarah diakronis dan pendekatan strukturalisme Jaen Piaget untuk menganalisa perkembangan dan perubahan pada arsitektur komplek makam mbah Mayang Madu sebelum dan sesudah pemugaran. Sumber data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan telaah pustaka yang berkaitan dengan kajian sejarah dan budaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori multikultural yang menunjukan arti lebih dari satu atau banyak budaya untuk menganalisa unsur-unsur budaya yang ada pada komplek makam mbah Mayang Madu. Kesimpulan yang diambil dari hasil penelian antara lain (1) Letak geografis komplek makam mbah Mayang Madu berada di wilayah Pesisir Utara Jawa Timur tepatnya di Dusun Banjaranyar Desa Banjarwati Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. (2) Sebelum mengalami pemugaran makam mbah Mayang Madu memiliki tiga unsur budaya dengan tampilan sederhana dan sering mengalami kerusakan, setelah dipugar komplek makam mbah Mayang Madu memiliki tiga unsur budaya dengan tampilan megah, dan lebih kokoh. (3) Tiga unsur budaya pada bangunan komplek makam yaitu Islam, Jawa-Hindhu, dan Tionghoa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rif'ah, Shofiaturshofiarifah9@gmail.comA92217132
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Subjects: Arsitektur
Pembangunan
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Arsitektur; Komplek Makam mbah Mayang Madu; Multikultural.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Shofiatur Rif'ah
Date Deposited: 24 Aug 2021 22:59
Last Modified: 24 Aug 2021 22:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49842

Actions (login required)

View Item View Item