Analisis Hukum Islam dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik arisan daring Exzshop.id

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ailsa, Shabrina (2021) Analisis Hukum Islam dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik arisan daring Exzshop.id. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shabrina Ailsa_C92217174.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan mengenai Analisis Hukum Islam dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Praktik Arisan Daring Exzshop.id. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan praktik arisan daring Exzshop.id dan menjelaskan analisis hukum Islam dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik arisan daring Exzshop.id. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data penelitian diperoleh langsung dari pihak yang bersangkutan dengan menggunakan metode wawancara melalui sosial media. Data yang telah dikumpulkan kemudian disusun dan dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir induktif yang mana mengemukakan fakta-fakta mengenai praktik arisan daring Exzshop.id secara khusus dan dianalisis secara umum berdasarkan hukum Islam dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam praktik arisan daring Exzshop.id sistem yang paling banyak digunakan adalah sistem arisan menurun dengan berbagai macam jumlah arisan, ada arisan menurun receh, sedang, dan besar. Urutan arisan ditentukan melalui nomor yang telah dipilih oleh anggota, dan tiap anggota mendapatkan arisan dengan jumlah yang sama, namun jumlah pembayarannya berbeda. Anggota yang memilih nomor awal akan diuntungkan dalam hal waktu namun dirugikan dalam hal jumlah pembayaran, sedangkan anggota yang memilih nomor bawah akan diuntungkan dalam hal jumlah pembayaran namun memiliki resiko dirugikan dalam hal waktu. Berdasarkan hukum Islam, rukun dan syarat akad dalam arisan menurun ini telah sesuai, namun tidak sesuai dengan asas kesetaraan dalam Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah yang mana tidak adanya kesetaraan antara owner dan anggota, dan juga antara tiap anggota yang memiliki jumlah pembayaran yang berbeda. Mengenai rukun dan syarat qard} dalam arisan menurun ini juga telah sesuai dengan hukum Islam, akan tetapi adanya keuntungan pembayaran dalam arisan ini yang membuat hal ini tidak sesuai dengan hukum Islam. Sistem tambahan yang telah diperjanjikan di awal arisan juga tidak sesuai dengan pasal 609 dalam Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Sebaiknya bagi anggota arisan lebih berhati-hati dalam memilih suatu arisan agar tidak terjerat kepada hal-hal yang bertentangan dengan hukum Islam. Sebaiknya pula arisan menurun ini dihapuskan karena tidak sesuai dengan hukum Islam dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ailsa, Shabrinashabrinaailsa@gmail.comC92217174
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBudiono, Mohammadbudielhajj71@gmail.com210107101
Subjects: Hukum Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: Arisan; Arisan Daring Exzshop.id; Arisan online.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Shabrina Ailsa
Date Deposited: 24 Aug 2021 22:57
Last Modified: 24 Aug 2021 22:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49843

Actions (login required)

View Item View Item