Relevansi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam buku Sultan Abdul Hamid Ii karya Ali Muhammad As-Shallaby dengan nilai-nilai Pendidikan Pesantren

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utomo, Arif Setyo (2021) Relevansi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam buku Sultan Abdul Hamid Ii karya Ali Muhammad As-Shallaby dengan nilai-nilai Pendidikan Pesantren. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arif Setyo Utomo_D01217007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu hal yang dibutuhkan bagi seluruh umat manusia entah itu dari kalangan bawah hingga ke atas. Dengan pendidikan manusia dapat memiliki wawasan yang sangat luas dan dalam pengajaran pendidikan tidak kalah harus terfokus dalam suatu ruangan yang kotak atau seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan selalu diajarkan di sekolah atau ruangan kelas tetapi pendidikan dapat kita dapatkan dari sekitar lingkungan kita entah itu dari alam pengalaman ataupun dari orang lain yang lebih tua. Pendidikan dapat membentuk suatu karakter atau perilaku bagi manusia itu sendiri berdasarkan corak pendidikan yang ia peroleh. Bagi diri kita sebagai seorang muslim kita haruslah mengerti dan tahu tentang pendidikan yang dapat membantu diri kita untuk tentang nilai-nilai keislaman dan dapat membentuk diri kita menjadi insanul kamil. Maka dari situlah timbul pentingnya pendidikan Islam bagi seluruh umat muslim beragama. Yang mana pendidikan Islam tersebut mengajarkan tentang nilai-nilai keislaman yang berupa ilmu syari’at, aqidah, akhlak, fiqih dll. Di dalam proses pendidikan Islam kita dapat merujuk kepada beberapa literature kitab atau buku yang berisikan tentang nilai-nilai keislaman seperti nilai syari’at, akhlak, aqidah ataupun tentang sirroh perjalanan sejarah keislaman. Yang mana semua hal itu dapat menambah wawasan kita tentang hasanah keislaman. Disini peneliti akan merelevansikan buku Sultan Abdul Hamid II dengan nilai-nilai pendidikan yang berada di pesantren karena kita sudah mengetahui bahwa pesantren adalah sarana untuk mendapatkan khazanah-khazanah keislaman dan menjadikan karakter peserta didik memiliki akhlakul karimah karena lingkungan serta pengajaran yang baik. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka atau Library Research yakni upaya pencarian dengan disandarkan pada studi pustaka. Kemudian akan menggunakan analisis isi sebagai teknik analisis datanya, dengan buku Sultan Abdul Hamid II sebagai sumber primernya. Penelitian ini merelevansikan nilai-nilai pendidikan islam yang terdapat dalam buku Sultan Abdul Hamid II dengan nilai-nilai pendidikan pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utomo, Arif Setyoutomoarif1996@gmail.comD01217007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Agama
Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam; Buku Sultan Abdul Hamid II; Pesantren.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arif Setyo Utomo Utomo
Date Deposited: 26 Aug 2021 20:46
Last Modified: 26 Aug 2021 20:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49845

Actions (login required)

View Item View Item