Pengembangan bahan ajar Blended Learning berbasis E-Modul pada pembelajaran Qur’an Hadits untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di Mi Unggulan Sabilillah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Dani Cahyani (2021) Pengembangan bahan ajar Blended Learning berbasis E-Modul pada pembelajaran Qur’an Hadits untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di Mi Unggulan Sabilillah Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dani Cahyani Rahayu_F52319329.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran mengalami perkembangan seiring berkembangnya teknologi pada dunia pendidikan. Peserta didik akan merasa jenuh jika hanya belajar tatap muka di dalam kelas ataupun pembelajaran jarak jauh (online) saja. Begitu juga bahan ajar sebagai penunjang pembelajaran, dibutuhkan bahan ajar digital yang lebih menarik, inovatif dan mudah diakses seperti emodul. Bahan ajar yang digunakan dengan model blended learning akan menciptakan suasana baru bagi peserta didik dan membangkitkan antusiasme untuk belajar terutama belajar secara mandiri dan akan berdampak pada hasil belajar yang signifikan sesuai dengan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D (four-D) yakni define, design, development dan disseminate. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument dan tes yang dilakukan sebelum serta sesudah produk digunakan. Hasil penelitian yang dilakukan setelah melalui tahap-tahap pengembangan tersebut adalah tahap validator expert yang menyatakan bahwa produk ini layak digunakan dengan beberapa revisi dan ketika tahap ujicoba, respon peserta didik cukup bagus dengan uji reliabilitas r11>0.4 dan terjadi kenaikan yang signifikan pada hasil uji pre-test serta post-test peserta didik pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Produk ini juga menumbuhkan semangat peserta didik dalam memahami materi niat karena bahan ajar yang digunakan lebih menarik terdapat animasi, suara dan video yang terdapat di dalam e-modul serta kombinasi pembelajaran jarak jauh dan tatap muka sehingga peserta didik tidak jenuh dan antusias dalam belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Dani Cahyanilubabihsany19@gmail.comF52319329
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Subjects: Pendidikan
Keywords: Pengembangan; Bahan Ajar; Blended Learning; E-Modul; Qur’an Hadits.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dani Cahyani Rahayu
Date Deposited: 24 Aug 2021 22:29
Last Modified: 24 Aug 2021 22:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49851

Actions (login required)

View Item View Item