Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media whatsapp dan google classroom terhadap hasil belajar qur’an hadis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muqsith, Miftahul Khair Abdul (2021) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media whatsapp dan google classroom terhadap hasil belajar qur’an hadis. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftahul khair Abdul Muqsith_F52319336.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan model pembelajaran inkuri terbimbing dengan whatsapp dengan google classroom terhadap pembelajaran qur’an hadis dalam materi unsur-unsur hadis. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Eksperimental dengan desain Postest-Only Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-1 sebagai Kelas Eksperimen pertama (X1) dan siswa kelas X IPA-2 (X2) sebagai kelas Eksperimen Kedua. Data hasil penelitian ini adalah nilai post-test diperoleh hasil uji-t 2-tailed sebesar 0.007 < 0.05, menunjukkan bahwa hasil pembelajaran qur’an hadis pada saat diberikan perlakukan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing degan whatsapp lebih baik daripada Kelas Eksperimen Kedua yang menggunakan model pembelajaran google classroom. Sedangkan besar nilai n-gain Kelas Eksperimen pertama memiliki adalah 0,31 dengan kategori sedang dan siswa Kelas Eksperimen Kedua memiliki n-gain sebesar 0,19 dengan kategori rendah. Adapun hambatan dalam penelitian ini adalah waktu dalam melaksanakan eksperimen terbatas. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang menggunkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan whatsapp dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan google classroom pada pelajaran Qur’an Hadis materi unsur-unsur hadis, dimana siswa Kelas Eksperimen pertama yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan whatsapp memiliki kemampuan dalam pembelajaran qur’an hadis lebih baik daripada Kelas Eksperimen Kedua yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan google classroom pada materi unsur-unsur hadis

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muqsith, Miftahul Khair Abdulabdulmuqsith@gmail.comF52319336
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorSuryani, Suryanisuryani@uinsby.ac.id2012087701
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; Whatsapp; Google Classroom; Pembelajaran qur’an hadis; Hasil belajar.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftahul Khair Abdul Muqsith
Date Deposited: 26 Aug 2021 00:42
Last Modified: 26 Aug 2021 00:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49871

Actions (login required)

View Item View Item